PENGEMBANGAN E-MODUL TEKS BERITA BERBASIS CANVA UNTUK KELAS VIII SMP

Nisrina Ida Alifah, . (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL TEKS BERITA BERBASIS CANVA UNTUK KELAS VIII SMP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text (PENGEMBANGAN E-MODUL TEKS BERITA BERBASIS CANVA PADA KELAS VIII SMP)
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222MB) | Request a copy

Abstract

Nisrina Ida Alifah. Pengembangan E-modul Teks Berita Berbasis Canva untuk Kelas VIII SMP. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. Agustus. 2022. Latar belakang masalah dari hasil angket situasi dan kebutuhan dengan empat guru bahasa Indonesia dan 35 siswa di SMPN 131 Jakarta dan SMPN 175 Jakarta. Siswa dan guru belum berpengalaman dengan aplikasi Canva dan belum menerapkannya pada pembelajaran teks berita. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development berdasarkan model ADDIE yang dikembangkan oleh Branch. Tahap analisis, kurikulum yang digunakan, materi pembelajaran, dan teks berita. Tahap perancangan berisi kerangka dan tampilan materi pembelajaran dan teks berita yang dikembangkan dengan menggunakan pendekatan saintifik, meliputi empat keterampilan berbahasa berbasis Canva. Memiliki kompetensi dasar, pendahuluan, struktur teks berita, tata bahasa dalam teks berita, langkah-langkah membuat teks berita menjadi teks berita, evaluasi, dan referensi. Tahap implementasi memerlukan validasi oleh ahli media dan materi sebelum dilakukan tes pada guru dan siswa. Validasi oleh ahli media sebelum revisi mendapat 81% kemudian mendapat 100% setelah revisi. Validasi oleh ahli materi mendapatkan 100%. Tahap pengujian pada empat guru bahasa Indonesia di SMPN 131 Jakarta dan SMPN 175 Jakarta memberikan 100% dan respon yang dapat digunakan dan bagus. Siswa di SMPN 131 Jakarta mendapat respon positif dengan rata-rata 96,1% dari 35 siswa. SMPN 175 Jakarta memiliki rata-rata 97% “Layak” untuk digunakan oleh siswa kelas VIII SMP. Background of the problem from the results of the situation and needs questionnaire with four Indonesian language teachers and 35 students at SMPN 131 Jakarta and SMPN 175 Jakarta. Students and teachers are inexperienced with the Canva application and have not applied it to news text learning. This research uses Research and Development method based on the ADDIE model developed by Branch. The analysis stage, a curriculum used, learning materials, and news texts. The design stage contained a framework and display of developed learning materials and news text using a scientific approach, including four language skills based on Canva. It has fundamental competencies, introduction, the structure of news text, grammar in news text, steps to make a news text into a news text, evaluation, and reference. The implementation stage requires validation by media and material experts before a test on teachers and students. Validation by media expert before revision got 81% then got 100% after revision. Validation by material experts got 100%. The testing phase on Four Indonesian language teachers at SMPN 131 Jakarta and SMPN 175 Jakarta gave 100% and response that can be used and great. Students at SMPN 131 Jakarta got a positive response with an average of 96,1% of 35 students. SMPN 175 Jakarta has an average of 97% "Eligible" to be used by class VIII SMP students. Kata kunci: Penelitian dan Pengembangan, Bahan Ajar, Teks Berita, Canva, E-modul.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd. 2). Reni Oktaviani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 16295 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2022 04:47
Last Modified: 09 Sep 2022 04:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35360

Actions (login required)

View Item View Item