PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 11 JAKARTA. (PENELITIAN PENELITIAN EKSPERIMEN DI KELAS 11 SMA MUHAMMADIYAH 11 JAKARTA).

HALDIS HIDAYATULLAH, . (2022) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 11 JAKARTA. (PENELITIAN PENELITIAN EKSPERIMEN DI KELAS 11 SMA MUHAMMADIYAH 11 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kompetensi keterampilan berbicara bahasa Arab tanpa menggunkan metode bermain peran pada mata pelajaran bahasa Arab siswa kelas 11 Ilmu Pengetahuan Alam 2 Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 11 Jakarta, (2) Mengetahui kompetensi keterampilan berbicara bahasa Arab dengan menggunkan metode bermain peran pada mata pelajaran bahasa Arab siswa kelas 11 Ilmu Pengetahuan Alam 2 Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 11 Jakarta, (3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh menggunkan metode bermain peran terhadap kompetensi keterampilan berbicara bahasa Arab tanpa menggunkan metode bermain peran pada mata pelajaran bahasa Arab siswa kelas 11 Ilmu Pengetahuan Alam 2 Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 11 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode pre eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 11 Ilmu Pengetahuan Alam 2 sejumlah 29 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian wawancara, observasi langsung, dan lembar unjuk kerja siswa. Adapun analisis prasyarat yang digunakan adalah uji validitas data menggunakan validitas isi Aiken’s V, uji reliablitas data menggunakan Uji )Pearson Product Moment(, uji homogenitas menggunakan uji analisis varians (ANOVA), dan uji normalitas data menggunakan uji Saphiro Wilk. Uji T yang digunakan pada penelitian ini adalah Paired Sample Test (Uji T Berpasangan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai kompetensi keterampilan berbicara bahasa Arab kelas 11 Ilmu Pengetahuan Alam 2 sebelum menggunakan metode bermain peran, rata – rata nilai siswa adalah 78, (2 nilai kompetensi keterampilan berbicara bahasa Arab kelas 11 Ilmu Pengetahuan Alam 2 setelah menggunakan metode bermain peran, rata – rata nilai siswa adalah 83, (3) berdasarkan hasil prasyarat anaisis, didapatkan hasil uji validitas data menggunkan validitas isi Aiken V dengan skala 1 (data penelitian valid), didapatkan hasil uji reliabilitas data dengan menggunakan metode pearson product yaitu 0,700 dikatakan bahwasanya alat ukur yang digunakan pada penelitan ini mendapatkan nilai atau kategori sedang, didapatkan hasil uji homogenitas, nilai signifikansi lebih dari 0,05, yaitu 0,957, menunjukkan bahwa variabel pretest dan posttest adalah homogen, didapatkan hasil uji normaitas data nilai signifikansi lebih dari 0,05 yaitu sebesar 0,06 maka databerdistribusi normal (4) berdasarkan hasil uji-t, menggunakan “Paired Sample Test”, diketahui nilai Sig (2 – tailed) adalah 0,000 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata – rata antara nilai pretest dan posttest pada keterampilan berbicara siswa yang artinya ada pengaruh metode bermain peran terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas 11 Ilmu Pengetahuan Alam 2. Berdasarkan tabel output “Paired Sample Test”, t hitung bernilai (6.890). Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai t hitung (6.890) > t tabel (2.0484), maka Ho ditolak dan Ha diterima Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode bermain peran terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas 11 Ilmu Pengetahuan Alam 2. Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Pengaruh, Keterampilan Berbicara. ********** This study aims to: (1) Determine the competence of Arabic speaking skills without using role-playing methods in Arabic subjects of students in grade 11 Natural Science 2 of Muhammadiyah High School 11 Jakarta, (2) Knowing the competence of Arabic speaking skills by using role-playing methods in Arabic subjects students in grade 11 Natural Science 2 senior Muhammadiyah High School 11 Jakarta, (3) Knowing whether or not there is an influence of using role-playing methods on the competence of Arabic speaking skills without using role-playing methods in Arabic subjects students in grade 11 Natural Science 2 of Muhammadiyah High School 11 Jakarta. This research is an experimental study with a pre-experimental method with a one-group pretest-posttest design. The sample of this study was 11th grade students of Natural Sciences 2 a total of 29 students. The sampling technique uses the saturated sample technique. Data collection techniques use interview research instruments, direct observation, and student performance sheets. The prerequisite analysis used is a data validity test using the validity of the contents of Aiken's V, a data reliability test using the Pearson Product Moment() test, a homogeneity test using a variance analysis test (ANOVA), and a data normality test using the Saphiro Wilk test. The T test used in this study was the Paired Sample Test. The results showed that: (1) the competency value of Arabic speaking skills in grade 11 of Natural Science 2 before using the role-playing method, the average student score was 78, (2 competency scores of Arabic speaking skills in grade 11 of Natural Science s 2 after using the role-playing method, the average student score was 83, (3) based on the results of the analysis prerequisites, the results of the data validity test using the validity of the contents of Aiken V with a scale of 1 (valid research data), the results of the data reliability test using the pearson product method were obtained, namely 0.700, it is said that the measuring instrument used in this research gets a medium value or category, obtained homogeneity test results, a significance value of more than 0.05, which is 0.957, shows that the pretest and posttest variables are homogeneous, obtained the results of the normity test data significance value of more than 0.05 which is 0.06 then the data is normally distributed (4) based on the results of the t-test, using the "Paired Sample Test", it is known that the value of Sig (2 – tailed) is 0.000 < 0.05, then Ho is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that there is an average difference between the pre-test and post-test scores on students' speaking skills, which means that there is an influence of role-playing methods on the Arabic speaking skills of grade 11 Natural Science 2 students. Based on the output table "Paired Sample Test", t calculate the value (6.890). So it can be concluded that the value of t count (6.890) > t table (2.0484), then Ho is rejected and Ha is accepted So it can be concluded that there is an influence of role-playing methods on the Arabic speaking skills of students in grade 11 Natural Science s 2. Keywords: Role-Playing Methods, Influence, Skillability of Speech.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Chakam Faialsuf, M.Pd. ; 2). Dr. Ahmad Murodi, M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 16223 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2022 02:45
Last Modified: 09 Sep 2022 02:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35383

Actions (login required)

View Item View Item