PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @RILIV TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KESEHATAN MENTAL SAAT PANDEMI COVID-19 (Studi Kuantitatif Pada Anggota Komunitas Kesehatan Mental Omah Jiwa dan Ruang Nyaman UNJ)

AYU PRIANA, . (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @RILIV TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KESEHATAN MENTAL SAAT PANDEMI COVID-19 (Studi Kuantitatif Pada Anggota Komunitas Kesehatan Mental Omah Jiwa dan Ruang Nyaman UNJ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Media sosial kerap digunakan oleh banyak orang atas dasar berbagai tujuan, salah satunya untuk mencari informasi. Salah satu media sosial yang kini banyak digemari oleh masyarakat, khususnya Generasi Z adalah media sosial Instagram. Pengguna Instagram dapat mengakses berbagai informasi yang ada, tak terkecuali informasi tentang kesehatan mental. Penelitian ini mengkaji tentang penggunaan media sosial Instagram @riliv terhadap pemenuhan kebutuhan informasi kesehatan mental saat pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media sosial Instagram @riliv oleh anggota komunitas kesehatan mental, khususnya komunitas Omah Jiwa dan Ruang Nyaman UNJ. Selain itu juga berutujuan untuk mengetahui pemenuhan kebutuhan informasi kesehatan mental anggota komunitas Omah Jiwa dan Ruang Nyaman UNJ, serta untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial Instagram @riliv terhadap pemenuhan kebutuhan informasi kesehatan mental anggota komunitas Omah Jiwa dan Ruang Nyaman UNJ. Terdapat dua variabel penelitian ini, yakni Penggunaan Media Sosial (X) dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi (Y). Terdapat empat dimensi pada variabel Penggunaan Media Sosial (X), yakni dimensi Context, Communication, Collaboration dan Connection. Juga terdapat empat dimensi pada variabel Pemenuhan Kebutuhan Informasi (Y), yakni Current Need Approach, Everyday Need Approach, Exhaustic Need Approach, dan Catching-up Need Approach. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification. Kajian pustaka penelitian ini menggunakan lima artikel jurnal terdahulu yang sejenis dengan penelitian ini, 28 artikel jurnal lainnya, sembilan buku, dan sembilan sumber lainnya. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah survei, dengan menyebarkan kuesioner secara daring. Populasi penelitian ini anggota dari komunitas Omah Jiwa dan Ruang Nyaman UNJ yang berjumlah 110 orang. Teknik sampling penelitian ini menggunakan purposive sampling, yang mana terdapat kriteria dalam pengambilan sampelnya, yakni merupakan anggota dari komunitas Omah Jiwa atau Ruang Nyaman UNJ, pengikut dari akun Instagram @riliv, dan sudah mengikuti akun Instagram @riliv selama minimal tiga bulan. Sampel penelitian ini berjumlah 61 orang yang sesuai dengan kriteria responden penelitian. Analisis data penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan pada variabel Penggunaan Media Sosial (X), nilai mean tertinggi terdapat pada dimensi Context, dengan nilai mean sebesar 3,53. Kemudian pada variabel Pemenuhan Kebutuhan Informasi (Y), nilai mean tertinggi terdapat pada dimensi Catching-up Need Approach, dengan nilai mean sebesar 3,50. Berkaitan dengan pengaruh variabel X dengan variabel Y, hasil penelitian menunjukkan nilai sig. sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Maka, dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media sosial Instagram @riliv terdahap pemenuhan kebutuhan informasi kesehatan mental saat pandemi COVID-19. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan rata-rata responden merasa membutuhkan, mempercayai, dan menyukai informasi kesehatan mental yang ada di akun Instagram @riliv. Rata-rata responden setuju bahwa akun Instagram @riliv menyajikan konten-konten kesehatan mental sesuai dengan trend terkini. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggali isu kesehatan mental lebih dalam dikarenakan masih terdapat keterbatasan dari penelitian ini. Penelitian selanjutnya, diharapkan dapat menjangkau populasi yang lebih luas. Diharapkan akun Instagram @riliv dapat lebih banyak menghasilkan konten-konten interaktif dan juga menghasilkan informasi yang lebih relevan dengan khalayak. ***** Social media often used by many people for various purposes, such as to find information. One of the social media that much favored by the public now, especially Generation Z is Instagram. Instagram users can access various information in instagram, including information about mental health. This study examines the use of social media Instagram @riliv to fulfill mental health information needs during the COVID-19 pandemic. This study aims to determine the use of social media Instagram @riliv by members of the mental health community, especially Omah Jiwa community and Ruang Nyaman UNJ. It also aims to find out the fulfillment of mental health information needs for members of Omah Jiwa community and Ruang Nyaman UNJ, and to determine the effect of using Instagram @riliv social media on meeting the mental health information needs of members of Omah Jiwa community and Ruang Nyaman UNJ. There are two variables in this study, the X variable is the use of social media and the Y variable is the fulfillment of information needs. There are four dimensions in The Use of Social Media variable (x), the context, communication, collaboration, and connection. And there are also four dimensions in The fulfillment of information needs variable (y), current need approach, everyday need approach, exhaustic need approach, and catching up need approach. This study use Uses and Gratification theory. The literature review in this study use five journal articles that similar with this study, other 28 journal article, nine books, and nine other sources. This research use Quantitative approach with explanatory type of research. The data collection technique of this research is a survey, by distributing online questionnaires. The population of this study is the members of the Omah Jiwa community and the Ruang Nyaman UNJ that has 110 people. The sampling technique used in this research is purposive sampling, in which there are criteria for taking the sample, namely: a member of the Omah Jiwa community or Ruang Nyaman UNJ, followers of the @riliv Instagram account, and have followed the @riliv Instagram account for at least three months. The sample of this study amount 61 people in accordance with the criteria of research respondents. The data analysis of this research used simple linear regression. The conclusion of this research state that the average of respondents need, trust, and like the information about mental health that posted by @riliv instagram account. Then, the average of respondents agree that @riliv instagram account serve mental health contents that suit with current trend. Suggestion for the next research, hopefully it can gain more issues in mental health deeper because there's still lacks from this research. And for @riliv instagram account, hopefully it can produce more interactive contents and produce informations that suits with their audiences.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Vera Wijayanti Sutjipto, M.Si; 2). Nada Arina Romli, M.I.Kom
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Divisions: FIS > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 16195 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2022 07:21
Last Modified: 12 Sep 2022 07:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35395

Actions (login required)

View Item View Item