PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA MELALUI METODE CANTOL ROUDHOH PADA SISWA KELAS II SDN JATIWARINGIN XIII BEKASI

EVI SRILIASNA S, . (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA MELALUI METODE CANTOL ROUDHOH PADA SISWA KELAS II SDN JATIWARINGIN XIII BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
bab 1.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BAB IV new.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (168kB)
[img] Text
cover proposal Evi.pdf

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (176kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR ISI Evi.pdf

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (151kB)
[img] Text
HALAMAN MOTTO dan PERSEMBAHAN.pdf

Download (206kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR baru.pdf

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (350kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
logo pembatas.pdf

Download (155kB)
[img] Text
PERSETUJUAN KOMISI PEMBIMBING baru.pdf

Download (249kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN KOMISI PEMBIMBING.pdf

Download (155kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (174kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang kemampuan membaca permulaan siswa melalui metode Cantol Roudhoh pada siswa kelas II SDN Jatiwaringin XIII Bekasi. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Jatiwaringin XIII, kecamatan Pondokgede, kelurahan Jatiwaringin, kota Bekasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II pada semester kedua tahun pelajaran 2010-2011. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi/evaluasi sebagai dasar perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Hasil yang diperoleh pada setiap siklus adalah sebagai berikut : data hasil instrumen non tes pengamatan guru siklus I pada pertemuan pertama diperoleh hasil pengamatan sebesar 66,67% dan pertemuan kedua sebesar 73,33%, pada siklus II pertemuan pertama diperoleh hasil pengamatan sebesar 80% dan pertemuan kedua sebesar 100%. Data hasil instrumen non tes pengamatan siswa siklus I pertemuan pertama diperoleh sebesar 60% dan pertemuan kedua sebesar 66,67%, pada siklus II pertemuan pertama diperoleh hasil sebesar 80% dan pertemuan kedua 100%. Sedangkan data tes siklus I pertemuan pertama diperoleh hasil yaitu 42,30% dan pertemuan kedua sebesar 46,15%, pada siklus II pertemuan pertama diperoleh hasil sebesar 65,38% dan pertemuan kedua sebesar 84,61%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa metode Cantol Roudhoh dapat dijadikan sebagai salah satu metode untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa pada kelas II sekolah dasar. Dengan penggabungan lagu, permainan dan animasi mampu membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran membaca.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Fahrurrozi, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Theresia K. Brahim
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 05:57
Last Modified: 08 Sep 2022 05:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35420

Actions (login required)

View Item View Item