MODEL PEMBELAJARAN LANDESKUNDE PADA TEMA WISATA (OKTOBERFEST) DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO

ANINDITA FEBBI RIANTY, . (2013) MODEL PEMBELAJARAN LANDESKUNDE PADA TEMA WISATA (OKTOBERFEST) DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB 1 febbi.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB II febbi.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB III febbi.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (88kB)
[img] Text
cover febbi.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Daftar Pustaka febbi.pdf

Download (252kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (93kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (88kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menyusun model pembelajaran Landeskunde pada tema Oktoberfest dengan menggunakan media pembelajaran berupa video agar siswa dapat dengan mudah memahami kebudayaan tentang Oktoberfest. Model pembelajaran ini menggunakan beberapa tahapan pembelajaran yaitu tahap pendahuluan (Einführung), tahap inti (Präsentation, Semantisierung), terakhir adalah tahap penutup (Üben ) beserta evaluasi untuk mengetahui berhasil atau tidaknya tujuan pembelajaran. Dalam model pembelajaran ini digunakan dua buah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan masing-masing alokasi waktu sebanyak 2 x 45 menit pada setiap pertemuannya. RPP I menggunakan peta dan gambar tempat-tempat yang terkenal di kota München, Berlin dan Hamburg sebagai tahap pendahuluan untuk menarik minat siswa. Tahap inti menggunakan lembaran berisi teks dan gambar aktivitas turis di kota München untuk mengenal Oktoberfest dan tahap akhir siswa diberikan lima pertanyaan secara lisan untuk mengetahui pemahaman siswa. Pada RPP II guru menggunakan Assoziogramm. Kemudian pada tahap inti siswa diberikan tayangan video yang diputar sebanyak dua kali dan pada tahap akhir siswa diberikan 10 soal pertanyaan berupa tes benar - salah. RPP berguna sebagai pedoman guru untuk memberikan kemudahan dalam kegiatan belajar mengajar berlangsung dari tahap awal hingga tahap akhir. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan, bahwa model pembelajaran Landeskunde pada tema Oktoberfest dengan menggunakan media pembelajaran dapat digunakan guru sebagai alternatif untuk memberikan penge�tahuan siswa tentang kebudayaan Oktoberfest

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Miranda Yunus, M. Pd ; 2). Dra. Erna Triswantini, M. Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 06:19
Last Modified: 08 Sep 2022 06:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35428

Actions (login required)

View Item View Item