EVALUASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMA NEGERI 7 JAKARTA

NANDA RAKHMANA SURYANA, . (2022) EVALUASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMA NEGERI 7 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program Sekolah Ramah Anak (SRA) di SMA Negeri 7 Jakarta. Penelitian ini dilakukan mulai pada bulan Januari 2022 hingga Juli 2022 dengan objek penelitian di SMA Negeri 7 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Model evaluasi yang digunakan yaitu model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikemukakan oleh Stufflebeam. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan studi dokumentasi. Dalam penelitian ini, hasil penelitian menunjukan bahwa evaluasi berdasarkan komponen context, diketahui program Sekolah Ramah Anak diselenggarakan berdasarkan beberapa kebijakan dan berjalan sesuai dengan pedoman penyelenggaraan yang ada. Kemudian evaluasi berdasarkan komponen input, diketahui bahwa dalam komponen input ini sudah dipersiapkan dengan baik dari indikator sumber daya manusia, alokasi anggaran, serta sarana dan prasarana pada program Sekolah Ramah Anak. Kemudian evaluasi berdasarkan process, diketahui bahwa penyelenggara mengimplementasikan yang sudah direncanakan dengan baik, mulai dari persiapan, implementasi, monitoring dan evaluasi. Serta yang terakhir yaitu berdasarkan komponen product, diketahui bahwa dalam komponen ini menunjukan hasil pencapaian dari program Sekolah Ramah Anak dengan melihat tercapainya nilai yang didapatkan selama program Sekolah Ramah Anak. ***** This study aims to evaluate the Child Friendly School program at SMA Negeri 7 Jakarta. This research was conducted from January 2022 to July 2022 with the object of research at SMA Negeri 7 Jakarta. This study uses a qualitative approach with a descriptive method. The evaluation model used is the CIPP (Context, Input, Process, Product) evaluation model proposed by Stufflebeam. Data collection techniques used in this study are interviews and documentation studies. In this study, the results show that the evaluation is based on the context component, it is known that the Child Friendly School program is organized based on several policies and runs according to the existing implementation guidelines. Then the evaluation based on the input components, it is known that the input components have been well prepared from the indicators of human resources, budget allocations, and facilities and infrastructure in the Child Friendly School program. Then the evaluation is based on the process, it is known that the organizers implement what has been planned well, starting from preparation, implementation, monitoring and evaluation. And finally, based on the product component, it is known that this component shows the achievements of the Child Friendly School program by looking at the achievement of the scores obtained during the Child Friendly School program.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Supadi, M.Pd. ; 2). Dr. Wahyu Sri Ambar Arum, M.A.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 16288 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2022 10:29
Last Modified: 17 Oct 2022 01:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35455

Actions (login required)

View Item View Item