PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IIS PADA MATERI MITIGASI BENCANA ALAM (Studi Sekolah Menengah Atas Negeri 50 Jakarta Timur)

LAYLA NURUL RACHMAYANI, . (2020) PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IIS PADA MATERI MITIGASI BENCANA ALAM (Studi Sekolah Menengah Atas Negeri 50 Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (284kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mata pelajaran geografi antara siswa yang belajar menggunakan media permainan ular tangga interaktif pada materi mitigasi bencana alam. Penelitian ini dilakukan di SMAN 50 Jakarta Timur, kelas XI IIS yang dilaksanakan bulan Maret-Juni 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes sebanyak 34 soal berbentuk pilihan ganda dengan lima alternatif jawaban. Tes terdiri dari soal pre-test dan soal post-test. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS SMA Negeri 50 Jakarta Timur tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 144 siswa dengan sampel berjumlah 72 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu purpossive sampling, dimana kedua sampel yang diteliti homogen. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa dari tiap kelas yaitu kelas eksperimen sebesar 24,58 dan kelas kontrol sebesar 26,36. Dengan demikian, terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan media ular tangga interaktif. Media permainan ular tangga interaktif ini juga dikatakan sebagai media pembelajaran yang baik setelah dilakukan penilaian oleh ibu Retno Widyaningrum,S.Sos., M.M., selaku dosen ahli media. Kata kunci : Media Pembelajaran, Ular tangga interaktif, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr.Oot Hotimah,S.Pd., M.si. ; 2) Dr.Aris Munandar,S.Pd., M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 381 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2020 15:00
Last Modified: 26 Feb 2020 15:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3548

Actions (login required)

View Item View Item