PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LITERASI SAINS MELALUI ARTICULATE STORYLINE PADA MUATAN IPA MATERI SIKLUS HIDUP MAKHLUK HIDUP KELAS IV SEKOLAH DASAR

INDARI NUR AINI, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LITERASI SAINS MELALUI ARTICULATE STORYLINE PADA MUATAN IPA MATERI SIKLUS HIDUP MAKHLUK HIDUP KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk akhir berupa media pembelajaran yang dapat memudahkan siswa untuk memahami materi dan melatih siswa untuk memiliki kemampuan literasi sains, selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk menguji kelayakan media yang dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Karet Tengsin 13 Jakarta Pusat sebanyak 24 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, design, develop, implement, dan evaluate. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain, wawancara, observasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis literasi sains ini dinyatakan sangat baik atau sangat layak untuk digunakan oleh siswa sebagai media pembelajaran yang dapat membantu memahami materi dengan memperoleh rerata rekapitulasi data validator sebesar 88,33%. Selain itu, berdasarkan hasil perhitungan N-gain skor juga menunjukkan bahwa media ini dapat melatih siswa untuk memiliki kemampuan literasi sains. Hal ini dilihat dari hasil perolehan N-gain skor sebesar 0,58 dengan kategori sedang. ***** This study aims to produce a final product in the form of learning media that can make it easier for students to understand the material and train students to have scientific literacy skills, besides that this research also aims to test the developed media. The subjects in this study were the fourth grade students of SDN Karet Tengsin 13 Central Jakarta as many as 24 students. The research method used is research and development with the ADDIE development model consisting of the analysis, design, develop, implement, and evaluation stages. Data collection techniques used include interviews, observations, and questionnaires. The results showed that the development of interactive learning media based on scientific literacy was stated to be very good or very feasible to be used by students as learning media that could help understand the material by obtaining an average data recapitulation validator of 88.33%. In addition, based on the results of the calculation of the N-gain score, it also shows that this media can train students to have scientific literacy skills. This can be seen from the results of the N-gain score of 0.58 in the medium category.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Endang Wahyudiana, M.Pd. ; 2). Dra. Rosinar Siregar, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 16307 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2022 06:24
Last Modified: 02 Nov 2022 01:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35484

Actions (login required)

View Item View Item