PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI IPS DI SMAN 6 DEPOK

NAUFAL HISYAM, . (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI IPS DI SMAN 6 DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (966kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Tujuannya adalah untuk memprediksi keadaan yang dapat dicapai melalui eksperimen yang sebenarnya, Sample yang digunakan yaitu siswa SMAN 6 Depok. Teknik pengumpulan data yang digunakan tahap pra eksperimen, dan pasca eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran mind mapping dengan hasil yang signifikan yaitu 0,000 lebih kecil dari 0,05 untuk kelas eksperimen, sedangkan untuk kelas kontrol nilai signifikansinya 0,031 lebih besar dari 0,05. Dapat ditunjukkan hasil belajar PAI pada siswa lebih meningkat menggunakan model pembelajaran mind mapping. ***** This study aims to determine how the influence of mind mapping learning on student learning outcomes in Islamic religious education subjects. The method used in this research is quasi-experimental. The aim is to predict the conditions that can be achieved through actual experiments. The sample used is students of SMAN 6 Depok. The data collection technique used was the pre-experimental and postexperimental stages. Based on the results of data analysis that there is an effect of using the mind mapping learning model with significant results, namely 0.000 less than 0.05 for the experimental class, while for the control class the significance value is 0.031 greater than 0.05. It can be shown that PAI learning outcomes in students are increasing using the mind mapping learning model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rihlah Nur Aulia, S.Ag., M.A. 2). Suci Nurpratiwi, S.Pd.I., M.Pd.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 16278 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2022 05:42
Last Modified: 09 Sep 2022 05:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35523

Actions (login required)

View Item View Item