MODEL MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE (Penelitian Pengembangan di SMP Muhammadiyah 31 Jakarta)

RIKE PUTRIKA SARI, . (2022) MODEL MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE (Penelitian Pengembangan di SMP Muhammadiyah 31 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model media pembelajaran bahasa Arab interaktif menggunakan Articulate Storyline di kelas 8 di SMP Muhammadiyah 31 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan (R&D) dengan Model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, and Evaluate) yang dikembangkan oleh Dick and Carry (1996). Dalam penelitian ini dilaksanakan 5 tahapan yaitu: 1) Analisis, pada tahap ini dilakukan analisis kebutuhan siswa kelas 8 di SMP Muhammadiyah 31 Jakarta terhadap pengembangan media pembelajaran bahasa Arab interaktif menggunakan Articulate Storyline dengan membagikan kuisioner kepada 26 siswa dan wawancara bersama guru dan 5 orang siswa 2) Desain, pada tahap ini peneliti menyusun kerangka konsep media pembelajaran dengan materi ajar berdasarkan buku bahasa Arab kelas 8 SMP Muhammadiyah 31 Jakarta dan peneliti menyusun flowchart serta storyboard, 3) Pengembangan, pada tahap ini peneliti merealisasikan kerangka konsep media pembelajaran dan mengembangkan media menggunakan Articulate Storyline serta produk yang telah dikembangkan dilakukan penilaian oleh ahli materi dan ahli media, 4) Implementasi, pada tahap ini dilakukan uji coba kelompok kecil yang dilaksanakan secara langsung pada saat kegiatan pembelajaran, 5) Evaluasi dilaksanakan melalui angket respon siswa terhadap media pembelajaran bahasa Arab interaktif menggunakan Articulate Storyline yang diberikan kepada 18 siswa kelas 8 SMP Muhammadiyah 31 Jakarta. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa 25 dari 26 siswa menyetujui bahwa media pembelajaran bahasa Arab memerlukan media pembelajaran yang lebih mudah dipahami dan kreatif. Kualitas media pembelajaran bahasa Arab interaktif menggunakan Articulate Storyline mendapatkan penilaian: 1) Ahli media, media pembelajaran bahasa Arab interaktif menggunakan Articulate Storyline diperoleh nilai 90,66% dari skala 76-100% dengan kategori sangat layak. 2) Ahli materi, media pembelajaran bahasa Arab interaktif diperoleh nilai 97,25% dari skala 76-100% dengan kategori sangat layak. 3) Angket respon siswa terhadap media pembetilajaran bahasa Arab interaktif menggunakan Articulate Storyline diperoleh nilai 86% dari skala 76-100% dengan kategori sangat layak. Dengan demikian, media pembelajaran bahasa Arab interaktif menggunakan Articulate Storyline layak digunakan di dalam pembelajaran bahasa Arab. This study aims to develop an interactive Arabic learning media model using Articulate Storyline in grade 8 at SMP Muhammadiyah 31 Jakarta. The research method used in this research is the development research method (R&D) with the ADDIE Model (Analyze, Design, Development, Implement, and Evaluate) developed by Dick and Carry (1996). In this study carried out 5 stages, namely: 1) Analysis, at this stage an analysis of the needs of 8th graders at SMP Muhammadiyah 31 Jakarta was carried out on the development of interactive Arabic learning media using Articulate Storyline by distributing questionnaires to 26 students and interviewing the teacher and 5 students. 2) Design, at this stage the researcher compiles a conceptual framework of learning media with teaching materials based on Arabic language books for grade 8 SMP Muhammadiyah 31 Jakarta and researchers compile flowcharts and storyboards, 3) Development, at this stage researchers realize the conceptual framework of learning media and develop media using Articulate Storyline and products that have been developed are assessed by material experts and media experts, 4) Implementation, at this stage small group trials are carried out directly during learning activities, 5) Evaluation is carried out through student response questionnaires to learning media Interactive Arabic script using Articulate Storyline given to 18 8th grade students of SMP Muhammadiyah 31 Jakarta. Data were collected by observation, interviews, and questionnaires. Based on the results of the study, it showed that 25 out of 26 students agreed that Arabic learning media needed learning media that were easier to understand and creative. The quality of interactive Arabic learning media using Articulate Storyline gets an assessment: 1) Media experts, interactive Arabic learning media using Articulate Storyline gets a score of 90.66% from a scale of 76-100% with a very decent category. 2) Material experts, interactive Arabic learning media obtained a score of 97.25% from a scale of 76-100% with a very decent category. 3) Student response questionnaire to interactive Arabic learning media using Articulate Storyline obtained a score of 86% from a scale of 76-100% with a very decent category. Thus, interactive Arabic learning media using Articulate Storyline is feasible to use in Arabic learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Romdani, M.Pd. 2). Ihwan Rahman Bahtiar, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 15968 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2022 07:05
Last Modified: 04 Nov 2022 01:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35658

Actions (login required)

View Item View Item