PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DI KELAS II SD NEGERI LEUWIBATU 06 KECAMATAN RUMPIN KABUPATEN BOGOR

RATNA SARI, . (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DI KELAS II SD NEGERI LEUWIBATU 06 KECAMATAN RUMPIN KABUPATEN BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (55kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] Text
bab II.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab III.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (28kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (10kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (615kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (10kB)
[img] Text
LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (72kB)
[img] Text
PERSETUJUAN KOMISI PEMBIMBING.pdf

Download (76kB)
[img] Text
catatan lapangan.pdf

Download (164kB)
[img] Text
lembar motto.pdf

Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mencari cara meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika melalui pendekatan matematika realistik. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Leuwibatu 06 Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor pada semester II tahun pelajaran 2009-2010, dengan jumlah siswa kelas II sebanyak 20 orang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus Lewin yang ditafsirkan oleh Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan menyelesaikan soal cerita dan instrumen pemantau tindakan penerapan PMR. Uji validitas dan realibilitas ditempuh melalui expert judgement. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa kelas II SDN Leuwibatu 06 Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor mencapai 61,55% pada siklus I dan 75,60% pada siklus II, sedangkan persentase penerapan Pendekatan Matematika Realistik pada siklus I mencapai 74,30% dan siklus II mencapai 94,80%. Dengan demikian, pembelajaran dengan penerapan Pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika akan semakin tinggi jika pembelajaran dilakukan dengan menerapkan Pendekatan Matematika Realistik yang semakin efektif. ***** This research is in the form of classroom action research that aims to find ways to improve capability in solving mathematical story problems through Realistic Mathematics Approach. This research was conducted at Elementary School District 06 Leuwibatu Rumpin Bogor Regency in the second semester 2009-2010, with the number of students of class II by 20 people. Design used in this research is the design of classroom action research using Lewin cycle model that is interpreted by Kemmis and Taggart. This research was carried out with the planning, action, observation, and reflection. Data collection was carried out using test instruments and the capability to solve word problems PMR instrument monitors the implementation of the action. Validity and reliability test is conducted through the expert judgment. Results obtained from this study is the increased capability to solve story problems second grade students of Elementary School District 06 Leuwibatu Rumpin Bogor Regency through Realistic Mathematics Approach. Percentage of performance in solving mathematical story problems on the first cycle reaches 61.55% and on the second cycle reached 75.60%, while the percentage of the implementation of realistic mathematics approach in the first cycle reaches 74.30% and 94.80% to reach the second cycle. Thus, learning with the implementation of Realistic Mathematics Approach can increase students' capability in solving mathematical story problems. The implications of this research is the capability to solve math story problems is higher if the learning is done by applying Realistic Mathematics Approach has more effective.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd. ; 2). Drs. Andi Ali Saladin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2022 04:34
Last Modified: 12 Sep 2022 04:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35681

Actions (login required)

View Item View Item