MENGOPTIMALKAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS V SDN SUNTER AGUNG 03 PAGI TANJUNG PRIOK JAKARTA UTARA

DINA MARNINGSIH, . (2010) MENGOPTIMALKAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS V SDN SUNTER AGUNG 03 PAGI TANJUNG PRIOK JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
001. COVER.pdf

Download (55kB)
[img] Text
Abstrak,dftr isi,tabel,gmbr dlll.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB III New.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Bab II New.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB IV New.pdf

Download (722kB)
[img] Text
BAB V New.pdf

Download (64kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] Text
INSTRUMEN Pngmtan guru alat peraga.pdf

Download (335kB)
[img] Text
LAMPIRAN2x, Surat Ket,DAFTAR RIWAYAT.pdf

Download (767kB)
[img] Text
Bab I Baru.pdf

Download (90kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan penggunaan alat peraga untuk menemukan cara meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas V di SDN Sunter Agung 03 Pagi Tanjung Priok-Jakarta Utara. Melalui peningkatan motivasi belajar yang dilakukan dengan cara perbaikan, peningkatan, dan perubahan ke arah yang lebih baik. Penelitian dilakukan di SDN Sunter Agung 03 Pagi Jakarta Utara, dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, instrumen angket motivas, rekaman pembelajaran dalam bentuk foto. Berdasarkan data hasil angket motivasi dan aktivitas siswa menunjukkan bahwa hasil pada siklus I yang memperoleh nilai aktivitas siswa dalam kelompok pertemuan 1 adalah 65% dan pada pertemuan 2 adalah 74,7%. Aktivitas Guru masing-masing sebesar 44,3% dan 56,8%. Adapun hasil motivasi belajar siswa pada siklus I adalah 76,94%, hasil angket motivasi siswa siklus II pada aktivitas siswa dalam kelompok pada pertemuan 1 adalah 74% dan pertemuan 2 adalah 81,33%. Aktivitas guru pada pertemuan 1 adalah 70,4% dan pertemuan 2 adalah 93,2%. Hasil motivasi belajar siswa pada siklus II adalah 81,33%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika meningkat melalui penggunaan alat peraga yang optimal pada pembelajaran matematika kelas V SDN Sunter Agung 03 Pagi Jakarta Utara. Implikasi hasil penelitian dapat menciptakan suasana belajar yang efektif sehingga meningkatkan motivasi siswa untuk belajar matematika, dapat memberi kesempatan kepada siswa untuk bekerja sama dengan sesama siswa dalam tugas-tugas yang diberikan oleh guru, mengembangkan diri dan bertanggung jawab secara individu dan kelompok. ***** The purpose of this study was to optimize the use of visual aids to find ways to increase students' motivation to learn mathematics in grade V Sunter Agung SDN 03 Pagi Tanjung Priok, North Jakarta. Through increased motivation to learn which is done by way of repairs, upgrades, and change for the better. Research conducted at SDN 03 Pagi Sunter Agung Jakarta Utara, with class V student research subjects who were 30 students. The research method used is a Class Action Research. Research done by the two cycles and each cycle consists of two meetings. Each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. Data collection was performed by using the observation sheet activities of teachers and students, questionnaire instrument motivas, recording learning in the form of photographs. Based on questionnaire data from students' motivation and activity showed that the results in cycle I who obtained a value of student activity in group 1 is 65% meeting and the meeting of 2 is 74.7%. Teacher Activity respectively 44.3% and 56.8%. The results of student motivation in cycle I is 76.94%, the results of student motivation cycle II questionnaire on student activity in the group at the meeting of 1 is 74% and attendance 2 is 81.33%. Activities at the meeting of teacher 1 is 70.4% and the meeting 2 is 93.2%. The result of student motivation in cycle II is 81.33%. The results of this study can be concluded that students' motivation toward mathematics increased through the optimal use of visual aids in teaching mathematics class V SDN 03 Pagi Sunter Agung Jakarta Utara. Implications of the results of research to create an effective learning environment, increasing student motivation to learn mathematics, can provide an opportunity for students to collaborate with fellow students in the tasks given by teachers, developing themselves and responsible individuals and group.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd. ; 2). Drs. Andi Ali Saladin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2022 05:49
Last Modified: 12 Sep 2022 05:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35694

Actions (login required)

View Item View Item