PENGARUH KOORDINASI, KONSENTRASI DAN MOTIVASI TERHADAP KETERAMPILAN SENAM IRAMA SENDOK DAN KURSI PADA SISWA SMAN 39 JAKARTA

ANIK MARYANI, . (2022) PENGARUH KOORDINASI, KONSENTRASI DAN MOTIVASI TERHADAP KETERAMPILAN SENAM IRAMA SENDOK DAN KURSI PADA SISWA SMAN 39 JAKARTA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (700kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (831kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Koordinasi, Konsentrasi, dan Motivasi terhadap keterampilan Senam Sensi. Metode penelitian yang digunakan pendekatan Kuantitatif, asosiatif dengan Teknik Tes dan Pengukuran, sedangkan Metode Survey dengan Teknik Analisis menggunakan pendekatan Analisis Jalur (Path Analysis). Penelitian ini menggunakan Teknik Total Sampling dengan jumlah populasinya adalah 72 Siswa Kelas XII SMAN-39 Jakarta yang terdiri dari 40 orang putri dan 32 orang putra. Pengambilan tes pertama yang dilakukan yaitu Keterampilan Senam Sensi. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan tes Koordinasi, Konsentrasi dan tes Motivasi. Teknik Pengujian Hipotesis yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Analisis Jalur. Data yang telah diperoleh akan melalui proses analisis data melalui SPSS. Hasil penelitian ini adalah 1) Pengaruh langsung variable X1 terhadap X3 (X1 X3) = 0,619. Jadi pengaruh Koordinasi (X1) secara langsung mempengaruhi Motivasi (X3) sebesar 61,9%. 2) Pengaruh langsung variable X2 terhadap X3 (X2 X3) = 0,673. Jadi pengaruh Konsentrasi (X2) secara langsung mempengaruhi Motivasi (X3) sebesar 67,3%. 3) Pengaruh langsung variable X1 terhadap Y (X1 Y) = 0,559. Jadi pengaruh Koordinasi (X1) secara langsung mempengaruhi Keterampilan Senam Sensi (Y) sebesar 55,9%. 4) Pengaruh langsung variable X2 terhadap Y (X2 Y) = 0,411, jadi pengaruh Konsentrasi (X2) secara langung mempengaruhi keterampilan Senam Sensi (y) sebesar 41,1%. 5) Pengaruh langsung variabel X3 terhadap Y (X3 Y) = 0,537, jadi pengaruh Motivasi (X3) secara langung mempengaruhi Keterampilan Senam Sensi (Y) sebesar 53,7%. 6) Pengaruh tidak langung variable X1 terhadap Y melalui X3 (X1 X3 Y) = (0,619 X 0,537) + 0,559 = 0,891. Jadi pengaruh Koordinasi (X1) secara tidak langsung melalui Motivasi (X3) mempengaruhi Keterampilan Senam Sensi (Y) sebesar 0,891 atau 89,1%. 7) Pengaruh tidak langsung variable X2 terhadap Y melalui X2 (X2 X3 Y) = (0,673 x 0,537) + 0,411 = 0,772. Jadi pengaruh Konsentrasi (X2) secara tidak langsung melalui Motivasi (X3) mempengaruhi Keterampilan Senam Sensi (Y) sebesar 0,772 atau 77,2%. This study aims to determine the effect of Coordination, Concentration, and Motivation on Sensi Gymnastics skills. The research method used was a quantitative, associative approach with Test and Measurement Techniques, while the Survey Method with Analysis Techniques used a Path Analysis approach. This study uses the Total Sampling Technique with a total population of 72 students of class XII SMAN-39 Jakarta consisting of 40 girls and 32 boys. The first test taken was Sensi Gymnastics Skills. Then proceed with the Coordination, Concentration and Motivation tests. Hypothesis Testing Techniques carried out in this study are using Path Analysis. The data that has been obtained will go through a data analysis process through SPSS. The results of this study are 1) The direct effect of variable X1 on X3 (X1 X3) = 0.619. So the effect of Coordination (X1) directly affects Motivation (X3) by 61.9%. 2) The direct effect of variable X2 on X3 (X2 X3) = 0.673. So the effect of concentration (X2) directly affects motivation (X3) by 67.3%. 3) The direct effect of variable X1 on Y (X1 Y) = 0.559. So the effect of Coordination (X1) directly affects Sensi Gymnastics Skills (Y) by 55.9%. 4) The direct effect of variable X2 on Y (X2 Y) = 0.411, so the effect of Concentration (X2) directly affects Sensi's Gymnastics skills (Y) by 41.1%. 5) The direct effect of the X3 variable on Y (X3 Y) = 0.537, so the influence of Motivation (X3) directly affects Sensi Gymnastics Skills (Y) by 53.7%. 6) The indirect effect of variable X1 on Y through X3 (X1 X3 Y) = (0.619 x 0.537) + 0.559 = 0.891. So the effect of Coordination (X1) indirectly through Motivation (X3) affects Sensi Gymnastics Skills (Y) by 0.891 or 89.1%. 7) The indirect effect of variable X2 on Y through X2 (X2 X3 Y) = (0.673 x 0.537) + 0.411 = 0.772. So the influence of Concentration (X2) indirectly through Motivation (X3) affects Sensi Gymnastics Skills (Y) by 0.772 or 77.2%.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Fahmy Fachrezzy, M.Pd ; 2). Prof. Dr. Ramdan Pelana, M.OR
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 16402 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2022 01:54
Last Modified: 14 Sep 2022 01:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35860

Actions (login required)

View Item View Item