HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMK NEGERI DI DKI JAKARTA

NADYA PUTRI PERMATASARI, . (2022) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMK NEGERI DI DKI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) gambaran motivasi belajar peserta didik, 2) gambaran lingkungan belajar peserta didik, 3) gambaran kemandirian belajar peserta didik, 4) hubungan motivasi belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama dengan kemandirian belajar peserta didik, 5) hubungan motivasi belajar dengan kemandirian belajar peserta didik, 6) hubungan lingkungan belajar dengan kemandirian belajar peserta didik, dan 7) hubungan motivasi belajar dengan lingkungan belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel penelitian ini adalah peserta didik SMK Negeri di DKI Jakarta yang berjumlah 385 orang dengan teknik insidental sampling. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji korelasi Spearman’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) motivasi belajar peserta didik berada pada kategori tinggi, 2) lingkungan belajar peserta didik berada pada kategori negatif, 3) kemandirian belajar peserta didik berada pada kategori tinggi, 4) tidak terjawabnya hubungan motivasi belajar dan lingkungan belajar dengan kemandirian belajar peserta didik, karena data hasil penelitian tidak memenuhi syarat untuk dilakukannya uji korelasi ganda 5) terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar, 6) terdapat hubungan yang positif antara lingkungan belajar dengan kemandirian belajar, dan 7) terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan lingkungan belajar. ---------- This study aims to determines: 1) description of student’s learning motivation, 2) description of student’s learning environment, 3) description of student’s self regulated learning, 4) the relationship between learning motivation and learning environment with student self regulated learning, 5) the relationship between learning motivation with student’s self regulated learning, 6) the relationship between learning environment with student’s self regulated learning, and 7) the relationship between learning motivation with student’s learning environment. This study is a quantitative research with correlational method. The samples of this study are students of State Vocational High School in Jakarta, with total 385 students used incidental sampling technique. The data analysis method is using descriptive analysis and Spearman’s correlation test. The results of this study showed that: 1) the student’s learning motivation was in the high category, 2) the student’s learning environment was in the negative category, 3) the student’s self regulated learning was in the high category, 4) the relationship between learning motivation and learning environment with student’s self regulated learning is not explained, because the data was not eligible to use multiple correlation test, 5) there was a positive relationship between learning motivation and student’s self regulated learning, 6) there was a positive relationship between learning environment with student’s self regulated learning, and 7) there was a positive relationship between learning motivation with student’s learning environment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Herdi, M.Pd. ; 2). Wening Cahyawulan, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 16498 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2022 06:07
Last Modified: 16 Sep 2022 06:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36044

Actions (login required)

View Item View Item