HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENGGUNAKAN EVALUASI BERBASIS ONLINE DAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN HASIL BELAJAR TEORI TARI TRADISIONAL DENGAN MENGGUNAKAN UNSUR PENDUKUNG TARI SESUAI IRINGAN (Penelitian Korelasional Siswa Kelas VIII di SMPN 18 Kota Tangerang Selatan)

AURA ASTA ANGGANA, . (2022) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENGGUNAKAN EVALUASI BERBASIS ONLINE DAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN HASIL BELAJAR TEORI TARI TRADISIONAL DENGAN MENGGUNAKAN UNSUR PENDUKUNG TARI SESUAI IRINGAN (Penelitian Korelasional Siswa Kelas VIII di SMPN 18 Kota Tangerang Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kemampuan menggunakan evaluasi berbasis online dan tingkat kecemasan dengan hasil belajar siswa dalam materi teori tari tradisional dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 18 Kota Tangerang Selatan selama dua bulan dengan sampel 174 siswa kelas VIII yang dipilih secara simple random sampling dari 297 siswa kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Hasil uji hipotesis dengan uji korelasi regresi berganda dan korelasi pearson (product moment) pada F tabel = 3,05 diperoleh nilai F hitung sebesar -85,64 dengan kesimpulan H1 diterima (terdapat hubungan antara kemampuan menggunakan evaluasi berbasis online dan tingkat kecemasan dengan hasil belajar teori tari tradisional dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan). Fakta empiris yang didapat dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII berada pada kategori baik dalam menggunakan evaluasi berbasis online¸ namun untuk tingkat kecemasan yang dialami siswa dalam mengerjakan evaluasi online berada pada kategori sangat berat sehingga kedua fakta empiris tersebut berhubungan dengan hasil belajar siswa yang berbeda-beda pada materi tari tradisional dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan. **** This study aims to determine whether there is a relationship between the ability to use online-based evaluation and anxiety levels with student learning outcomes in traditional dance theory materials using dance supporting elements according to accompaniment. This research was conducted at SMPN 18 Tangerang Selatan City for two months with a sample of 174 class VIII students who were selected by simple random sampling from 297 class VIII students. The research method used is a method with a quantitative approach with the type in this research is correlational research. The results of hypothesis testing with multiple regression correlation test and Pearson correlation (product moment) at F table = 3.05 obtained a calculated F value of -85.64 with the conclusion that H1 is accepted (there is a relationship between the ability to use online-based evaluation and anxiety levels with learning outcomes of traditional dance theory by using dance supporting elements according to accompaniment). The empirical facts obtained in this study were grade VIII students in the good category in using online-based evaluation, but the level of anxiety experienced by students in conducting online evaluations was in the very heavy category so that the two empirical facts were interrelated. for different student learning outcomes. different in the material of traditional dance by using dance support elements according to accompaniment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dinny Devi Triana, M.Pd. ; 2). Ojang Cahyadi, S.Sn.,M.Pd.
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: Users 16542 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2022 01:06
Last Modified: 22 Sep 2022 01:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36194

Actions (login required)

View Item View Item