PENGEMBANGAN KAPASITAS DALAM MEMASARKAN PRODUK SECARA ONLINE MELALUI PELATIHAN SOCIAL MEDIA MARKETING PADA KELOMPPOK UP2K KELURAHAN CIKINI

FELICIA OKTAVIANA, . (2022) PENGEMBANGAN KAPASITAS DALAM MEMASARKAN PRODUK SECARA ONLINE MELALUI PELATIHAN SOCIAL MEDIA MARKETING PADA KELOMPPOK UP2K KELURAHAN CIKINI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, memperoleh informasi empiris, dan melakukan aksi transformatif tentang pengembangan kapasitas dalam memasarkan produk secara online melalui pelatihan social media marketing pada kelompok UP2K Kelurahan Cikini. Penelitian ini menggunakan metode riset aksi (action research) dengan pendekatan penelitian tindakan kritis (critical action research). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat adanya pengembangan kapasitas dalam memasarkan produk secara online pada kelompok UP2K Kelurahan Cikini baik dari segi kognitif, afektif, dan psikomotoriknya setelah mengikuti aksi tindakan berupa pelatihan social media marketing. Dengan adanya pelatihan social media marketing memberikan wawasan dan keterampilan kepada kelompok UP2K Kelurahan Cikini sehingga menjadi mampu membuat kreasi konten pemasaran yang menarik, mampu membuat tampilan profil media sosial untuk bisnis, serta mampu menggunakan fitur yang ada untuk memposting suatu konten pemasaran di media sosial. Kata Kunci: Pengembangan Kapasitas, Pelatihan, Pemasaran Media Sosial This study aims to study, obtain empirical information, and take transformative action on capacity building in marketing products online through social media marketing training to the UP2K group, Cikini ward. This research used action research methods with a critical action research approach. Data were collected through tests (pretest and posttest), questionnaires, interviews, observations, and documentation. The resulted research found that there is a capacity development in marketing products online in the UP2K group, Cikini ward, in terms of cognitive, affective, and psychomotor after participating in actions in the form of social media marketing training. These actions provide knowledge and skills to the UP2K group, so they become able to create attractive marketing content, able to create social media profile for business, and able to use the features on social media to post a marketing content. Keywords: Capacity Building, Training, Social Media Marketing

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sri Koeswantono W, M.Si 2). Dr. Puji Hadiyanti, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 16537 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2022 06:11
Last Modified: 21 Sep 2022 06:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36256

Actions (login required)

View Item View Item