BENTUK-BENTUK INTERAKSI SOSIAL DISOSIATIF PADA KUMPULAN CERPEN POTONGAN CERITA DI KARTU POS KARANGAN AGUS NOOR BERDASARKAN PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

WAHYU LESTARI, . (2013) BENTUK-BENTUK INTERAKSI SOSIAL DISOSIATIF PADA KUMPULAN CERPEN POTONGAN CERITA DI KARTU POS KARANGAN AGUS NOOR BERDASARKAN PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (37kB)
[img] Text
AWALAN.pdf

Download (79kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (142kB)
[img] Text
bab5.pdf

Download (31kB)
[img] Text
dapus.pdf

Download (41kB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (37kB)
[img] Text
Bab awal.pdf

Download (59kB)
[img] Text
bab 4.pdf

Download (338kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk interaksi sosial disosiatif, yang meliputi: (1) persaingan, (2) kontravensi, serta (3) pertentangan atau pertikaian yang terdapat dalam kumpulan cerpen Potongan Cerita di Kartu Pos karangan Agus Noor, yang meliputi enam cerpen, yaitu: (1) “Sirkus”, (2) “Cerita buat Bapak Presiden”, (3) “ Pagi Bening Seekor Kupu�kupu”, (4) “Tiga Cerita Satu Tena”, (5) “Potongan-potongan Cerita di Kartu Pos”, (6) “Mata Mungil yang Menyimpan Dunia”, serta menentukan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Objek yang digunakan dalam penelitian adalah kumpulan cerpen Potongan Cerita di Kartu Pos karangan Agus Noor. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri, yang dibantu dnegann tabel analisis bentuk-bentuk interaksi sosial disosiatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk interaksi sosial disosiatif pada tokoh utama dalam keenam cerpen merupakan cerminan dari kehidupan sosial. Dalam perkataan lain, bentuk interaksi sosial disosiatif yang dibangun dalam kumpulan cerpen Potongan Cerita di Kartu Pos karangan Agus Noor berdasarkan cerminan di dunia nyata. Dengan demikian, bentu-bentuk interaksi sosial disosiatif yang terdapat dalam Potongan Cerita di Kartu Pos karangan Agus Noor merupakan perwujudan timbulnya konflik antar tokoh utama dengan tokoh lain. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan pada pembelajaran sastra di SMA kelas X, khususnya dalam materi menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu, kumpulan cerpen Potongan Cerita di Kartu Pos karangan Agus Noor ini juga dapat dijadikan alternatif bahan pembelajaran sastra, yang dapat menumbuhkan sikap positif dan peka terhadap kehidupan bermasyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Udjen Djusen, M. Hum ; 2). Dra. Sri Suhita, M. Pd ; 3). Erfi Firmansyah, M. A
Subjects: Kesenian > Seni (umum)
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2022 02:05
Last Modified: 23 Sep 2022 02:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36362

Actions (login required)

View Item View Item