PENGAJARAN BAHASA ARAB DIPONDOK PESANTREN MODERN DAARUL MUTTAQIEN II TANGERANG

NUR MUHAMMAD IDRUS, . (2013) PENGAJARAN BAHASA ARAB DIPONDOK PESANTREN MODERN DAARUL MUTTAQIEN II TANGERANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (680kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (224kB)
[img] Text
ABSTRAK, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (747kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (567kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang Pengajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern Daarul Muttaqien II Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di kelas II SMP Pondok Pesantren Modern Daarul MuttaqienII tangerang dan dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2012/2013. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengajaran bahasa Arab di kelas II SMP Pondok Pesantren Modern Daarul Muttaqien II tangerang berjalan dengan baik dan positif, baik dari segi tujuan pengajaran bahasa Arab, metode pengajaran bahasa arab, materi pengajaran bahasa Arab, maupun kegiatan evaluasi pembelajaran. Meskipun demikian, Pengajaran bahasa Arab Terhadap Siswa Kelas II SMP diPondok Pesantren Modern Daarul Muttaqien II Tangerang tidak luput dari hal-hal yang negatif seperti kurangnya pemahaman siswa dalam pelajaran bahasa Arab dan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab, kurangnya media pembelajaran dalam pengajaran bahasa Arab, kurangnya labolatorium bahasa umtuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pelajaran bahasa Arab dan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam berbahasa, kurangnya waktu pelajaran bahasa Arab. Tujuan pengajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern Daarul Muttaqien II ini adalah untuk memahami islam secara mendalam dan untuk memahami Al�Qur’an dan hadist, serta menanamkan empat keterampilan berbahasa dan mengembalikan kepada fungsi bahasa tersebut berdasarkan adanya asumsi bahwa berbahasa adalah menggunakan bahasa untuk berkomunikasi, yaitu menyampaikan pesan dari seseorang kepada orang lain, dari pembicara kepada pendengar, dari penulis kepada pembaca. dan disini terdapat prinsip bahwa bahasa Arab adalah mahkota pondok pesantren. Adapun metode pembelajaran yang digunakan dalam pengajaran bahasa Arab dipondok pesantren ini adalah metode demonstrasi, metode langsung, metode diskusi, metode melihat dan mendengar, metode ceramah, metode Terjemah, metode pemberian tugas, metode tanya jawab, metode campuran. Dan materi bersumber dari buku karangan "Imam Zarkasyi dan Imam Syabani" untuk buku pelajaran bahasa Arab. Dan buku ini merupakan buku pokok dalam pengajaran bahasa Arab diPondok Pesantren Modern Daarul Muttaqien II Tangerang. Sedangkan evaluasi yang digunakan dipondok pesantren ini dilakukan dengan metode formatif dan sumatif yang didalamnya terdapat ujian tulis dan lisan. Dan Implikasi dari penelitian ini dalam pengajaran bahasa arab adalah sebagaimasukan bagi seluruh pengajar bahasa Arab, khususnya bagi mereka yang mengajar pada tingkat sekolah menengah, agar menerapkan sistem pengajaran bahasa Arab yang baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2022 02:41
Last Modified: 26 Sep 2022 02:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36409

Actions (login required)

View Item View Item