PERBEDAAN HASIL BELAJAR PENGUASAAN KOSAKATA TEMA FAMILIE ANTARA PERMAINAN KIM-SPIEL DENGAN PERMAINAN WÜRFELBRETTSPIEL

FINNIA HERWINDA, . (2011) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PENGUASAAN KOSAKATA TEMA FAMILIE ANTARA PERMAINAN KIM-SPIEL DENGAN PERMAINAN WÜRFELBRETTSPIEL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
cover BM.pdf

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (34kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (29kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN, PENGESAHAN, PUBLIKASI.pdf

Download (21kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB I-V.pdf

Download (458kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang perbedaan hasil belajar penguasaan kosakata tema Familie antara permainan Kim-Spiel dengan permainan Würfelbrettspiel. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 99 Jakarta pada semester Ganjil 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian Pre-test and Post-test Design. Dari hasil penelitian diketahui, bahwa t-hitung pada kelompok siswa yang menggunakan permainan Kim-Spiel adalah 13,15 dan t-hitung pada kelompok siswa yang menggunakan permainan Würfelbrettspiel adalah 9,28 dengan t-tabel pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan atau (db) 37 adalah 0,02. Hasil penghitungan tersebut memperlihatkan, bahwa t-hitung kedua permainan lebih besar dari t-tabel. Jika dilihat dari t-hitung keduanya, terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar yang cukup besar antara permainan Kim-Spiel dan Würfelbrettspiel, sehingga hipotesis penelitian ini diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan, bah�wa hasil belajar penguasaan kosakata tema Familie yang menggunakan permainan Kim-Spiel lebih besar dari pada yang menggunakan permainan Würfelbrettspiel. Hasil penelitian ini dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melatih penguasaan kosakata bahasa Jerman siswa dengan tema Familie, karena permain�an Kim-Spiel dapat meningkatkan hasil belajar penguasaan kosakata siswa dan selain itu suasana belajar akan lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Indira Kusumadewi, M. Pd ; 2). Dra. Miranda Yunus, M. Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2022 07:02
Last Modified: 28 Sep 2022 07:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36492

Actions (login required)

View Item View Item