KURNIAWAN FEBRIANTO, . (2023) HUBUNGAN PERILAKU BELAJAR DAN SELF MANAGEMENT DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KEJURUAN KELAS XI JURUSAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 53 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
cover dan lain-lain.pdf Download (681kB) |
|
Text
SKRIPSI_KUR - repository-15-20.pdf Download (205kB) |
|
Text
SKRIPSI_KUR - repository-21-38.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI_KUR - repository-39-54.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI_KUR - repository-55-75.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI_KUR - repository-76-79.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI_KUR - repository-80-82.pdf Download (255kB) |
|
Text
SKRIPSI_KUR - repository-83-104.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui : (1) hubungan antara perilaku belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran kejuruan siswa kelas XI Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 53 Jakarta (2) hubungan antara self management dengan prestasi belajar mata pelajaran kejuruan siswa kelas XI Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 53 Jakarta (3) hubungan antara perilaku belajar dan self management dengan prestasi belajar mata pelajaran kejuruan siswa kelas XI Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 53 Jakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa XI TITL 1 dan XI TITL 2 di SMK Negeri 53 Jakarta sebanyak 58 siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk variabel perilaku belajar dengan skala likert dan untuk variabel self management menggunakan skala semantik diferensial. Sedangkan untuk variabel prestasi belajar mata pelajaran kejuruan menggunakan metode dokumentasi berupa nilai Ujian Akhir Semester ganjil tahun 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji linieritas setelah itu data dianalisis menggunakan uji hipotesis, uji-t dan uji-F dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis dapat disimpulkan (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perilaku belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran kejuruan dilihat dari nilai rhitung = 0,461 > rtabel = 0,256 dan nilai thitung = 3,884 > ttabel = 0,2003. (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self management dengan prestasi belajar mata pelajaran kejuruan dilihat dari nilai rhitung = 0,64 > rtabel = 0,256 dan nilai thitung = 6,233 > ttabel = 0,2003. (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perilaku belajar dan self management dengan prestasi belajar mata pelajaran kejuruan dilihat dari nilai rhitung = 0,447 > rtabel = 0,256 dan nilai Fhitung = 22,270 > Ftabel = 2,76. The purpose of this study was to determine: (1) The relationship between learning behavior with learning achievement of vocational subjects (2) The relationship between self management with learning achievement of vocational subjects (3) The relationship between learning behavior and self management with learning achievement of vocational subjects. The sample in this study were students of XI TITL 1 and XI TITL 2 at SMK Negeri 53 Jakarta as many as 58 students. The sampling technique of this study used random sampling. Collecting data using a questionnaire for the variable learning behavior with a likert scale and for self management variable with a semantic differensial scale. Meanwhile for learning achievement of vocational subjects using the documentation method in the form of the Odd Semester end Exam scores for the academic year 2022/2023. This study uses a quantitative method with a correlational approach. The analysis prerequisite test in this study used the normality test and linearity test, after which the data were analyzed using hypothesis testing, t-test and F-test with a significant level of 5%. Based on the results of the calculation of the hypothesis test, it can be concluded: (1) there is a positive and significant relationship between learning behaviour with learning achievement of vocational subjects seen from the value of rcount = 0,461 > rtable = 0,256 and tcount = 3,884 > ttable = 0,2003. (2) there is a positive and significant relationship between self management with learning achievement of vocational subjects seen from the value of rcount = 0,64 > rtable = 0,256 and tcount = 6,233 > ttable = 0,2003. (3) there is a positive and significant relationship between learning behaviour and self management with learning achievement of vocational subjects seen from the value of rcount = 0,447 > rtable = 0,256 and tcount = 22,270 > ttable = 2,76.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Soeprijanto, M.Pd. ; 2). Dr. Muksin, M.Pd |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Energi > Energi Listrik Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Users 16817 not found. |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 06:53 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 06:53 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36929 |
Actions (login required)
View Item |