YAYAH TIKA, . (2023) PENGEMBANGAN KEGIATAN BERMAIN BERBASIS BUKU CERITA DIGITAL UNTUK MENSTIMULASI KEDISIPLINAN BANGUN TIDUR DAN TIDUR TEPAT WAKTU PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (728kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (416kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (118kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan produk pengembangan kegiatan bermain berbasis buku cerita digital sebagai media pembelajaran dengan judul “Rere Belajar Disiplin” dengan tujuan menjadikan media buku cerita digital ini sebagai media pembelajaran edukatif anak, yang dapat digunakan untuk menstimulasi kedisiplinan bangun tidur dan tidur tepat waktu anak usia 5-6 tahun. Model pengembangan yang digunakan di dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluate. Adapun tahap uji coba dalam penelitian ini dilakukan dua kali yaitu uji coba Expert Review dan Small Group (Kelompok Kecil) yang dilakukan di dua lembaga PAUD di wilayah Kalideres, Jakarta Barat. Pada lembaga pertama dengan jumlah 12 orang anak usia 5-6 tahun, lembaga kedua dengan jumlah 15 orang anak usia 5-6 tahun, dan 4 orang pendidik. Buku cerita digital ini untuk menstimulasi kedisiplinan bangun tidur dan tidur tepat waktu anak, kemudian di nilai oleh dua dosen ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi, media buku cerita digital “Rere Belajar Disiplin” menghasilkan nilai akhir 3,5 dengan kriteria sangat layak, hasil penilaian dari ahli media menghasilkan nilai akhir 4,0 dengan kriteria sangat layak. Pada uji coba pendidik mendapatkan nilai 97%. Pada uji coba Small Group (Kelompok Kecil) dilakukan di dua lembaga PAUD dan dilakukan dengan dua tahap, pada lembaga pertama kepada 12 anak usia 5-6 tahun mendapatkan hasil pada tahap pertama sebesar 70% sedangkan tahap kedua mendapatkan hasil sebesar 95%, pada lembaga kedua kepada 15 anak usia 5-6 tahun mendapatkan hasil pada tahap pertama sebesar 75% sedangkan pada tahap kedua mendapatkan hasil sebesar 95%. Berdasarkan hasil penilaian oleh ahli materi, ahli media, dan uji coba Small Group (Kelompok Kecil), maka dapat disimpulkan bahwa media buku cerita digital “Rere Belajar Disiplin” sangat layak dan sangat baik digunakan sebagai pengembangan kegiatan bermain dalam menstimulasi kedisiplinan bangun tidur dan tidur tepat waktu anak usia 5-6 tahun. **** This research was conducted to produce a product to develop digital storybook-based play activities as learning media with the title "Rere Learning Discipline" with the aim of making this digital storybook media as a child's educational learning media, which can be used to stimulate the discipline of waking up and sleeping on time for children aged 5-6 years. The development model used in this research is the ADDIE development model which consists of several stages, namely: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluate. The trial stage in this study was carried out twice, namely the Expert Review and Small Group trials conducted at two PAUD institutions in the Kalideres area, West Jakarta. In the first institution with a total of 12 children aged 5-6 years, the second institution with a total of 15 children aged 5-6 years, and 4 educators. This digital storybook to stimulate the discipline of waking up and going to bed on time for children, then assessed by two lecturers of material experts and media experts. Based on the results of the assessment from the material expert, the digital storybook media "Rere Learning Discipline" produced a final score of 3.5 with very feasible criteria, the results of the assessment from the media expert produced a final score of 4.0 with very feasible criteria. In the educator trial, the score was 97%. In the Small Group trial, it was carried out in two PAUD institutions and carried out in two stages, in the first institution to 12 children aged 5-6 years getting results in the first stage of 70% while the second stage got results of 95%, in the second institution to 15 children aged 5-6 years getting results in the first stage of 75% while in the second stage getting results of 95%. Based on the results of the assessment by material experts, media experts, and Small Group trials, it can be concluded that the digital storybook media "Rere Learning Discipline" is very feasible and very well used as a development of learning activities in stimulating the discipline of waking up and sleeping on time for children aged 5-6 years.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Yasmin Fardiba, M.Pd. ; 2). Dr. Nurbiana Dhieni, M.Psi. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 17093 not found. |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 03:43 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 03:43 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37211 |
Actions (login required)
View Item |