Annisa Zakiyah Tribrilianti, . (2023) PENGARUH STRATEGI COPING TERHADAP GANGGUAN KESEHATAN MENTAL MAHASISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER (1).pdf Download (794kB) |
|
Text
BAB 1.pdf.pdf Download (434kB) |
|
Text
BAB 2.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (708kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (572kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Seluruh mahasiswa harus melakukan perkuliahan dengan dua sistem selama masa pandemi yaitu Sinkronus dan Asinkronus. Stres, kecemasan dan depresi timbul saat mahasiswa harus menyesuaikan diri dengan kondisi sistem pembelajaran selama pandemi. Strategi coping dilakukan untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan mental yang terjadi pada mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu apakah terdapat pengaruh strategi coping terhadap gangguan kesehatan mental mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif asosiatif. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2019 sampai 2021 yang berjumlah 174 mahasiswa. Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa strategi coping berpengaruh pada gangguan kesehatan mental mahasiswa (β = 0.234). Strategi coping yang paling banyak digunakan adalah coping dengan aspek pendekatan. Implikasi dari penelitian ini adalah mensosialisasikan peningkatan kemampuan coping agar mahasiswa lebih tangguh dalam menghadapi setiap masalah yang ada selama pembelajaran daring di masa pandemi. ***** All students must conduct lectures with two systems during the pandemic, namely synchronous and asynchronous. Stress, anxiety, and depression arise when students must adjust to the learning system during a pandemic. Students need coping strategies to overcome mental health problems that occur in them. The purpose of this study was to determine whether there is an effect of coping strategies on student’s mental health disorders. The research method used is the associative quantitative method. Respondents in this study were students of the English Education Study Program, Faculty of Language and Arts class 2019 to 2021, totalling 174 students. The study results explain that coping strategies affect students' mental health disorders (β = 0.234) and the most widely used coping strategy is the approach aspect. The implication of this research is to socializing coping skills improvement so that students are more resilient in dealing with any problems that exist during online learning during a pandemic.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Uswatun Hasanah, M.Si ; 2). Maya Oktaviani, M.Pd |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Users 17023 not found. |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 07:29 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 07:29 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37244 |
Actions (login required)
View Item |