FATIYA SABILA, . (2023) MANAJEMEN STRATEGI MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN PADA OBJEK WISATA MUSEUM BAHARI DI KELURAHAN PENJARINGAN, KECAMATAN PENJARINGAN, KOTA JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (380kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (234kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (126kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (679kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen strategi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan pada objek wisata Museum Bahari di Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Kota Jakarta Utara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, Threats). Pengumpulan data melalui studi literatur, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Parameter yang digunakan adalah destinasi (atraksi, aksesibilitas, amenitas), pemasaran (paid media, owned media, social media, endorser), dan sumber daya manusia (kualitas, kuantitas, daya saing). Hasil penelitian ini menunjukan terdapat manajemen strategi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, antara lain bekerjasama dengan tour agent untuk membuat paket wisata, membangun spot foto, memperbaharui tata pamer, mengundang sekolah untuk memanfaatkan museum sebagai sumber belajar, merekrut tenaga kontrak, memperkuat brand identity, bekerjasama dengan komunitas dan instansi untuk kegiatan pemasaran, membangun jalur sepeda dan jogging track, pengadaan bust wisata, dan mengatasi permasalahan fisik bangunan. This study aims to determine the management strategy to increase tourist visits to the Maritime Museum tourist attraction in Penjaringan Village, Penjaringan District, North Jakarta City. This study uses a qualitative descriptive method with a SWOT analysis (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Data collection through literature studies, interviews, observation, and documentation. The parameters used are destinations (attractions, accessibility, amenities), marketing (paid media, owned media, social media, endorsers), and human resources (quality, quantity, competitiveness). The results of this study indicate that there is a management strategy to increase tourist visits, including collaborating with tour agents to create tour packages, building photo spots, updating exhibitions, inviting schools to utilize museums as learning resources, recruiting contract workers, strengthening brand identity, collaborating with communities and agencies for marketing activities, building bicycle paths and jogging tracks, procuring tourist buses, and addressing physical building problems.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Sc. H. M. Ahman Sya, Drs., M.Pd., M.Sc. 2). Dra. Dwi Sukanti Lestariningsih, M.Si. |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Geografi |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Users 17080 not found. |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 05:36 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 05:36 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37311 |
Actions (login required)
View Item |