PENGGUNAAN E-BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI TENAGA ENDOGEN DI SMA NEGERI 52 JAKARTA

MUHAMAD RIFQI VIANTA, . (2023) PENGGUNAAN E-BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI TENAGA ENDOGEN DI SMA NEGERI 52 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (530kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media pembelajaran e-book terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas X di SMA Negeri 52 Jakarta. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian eksperimen dengan desain Group Pretest and Posttest Design yang menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian kali ini yaitu kelas X.2 sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan media e-book dalam proses pembelajaran dan kelas X.4 sebagai kelas kontrol yang tidak menggunakan e-book dalam proses pembelajaran. Data yang diperoleh berasal dari angket respon penggunaan e-book dan nilai pre-test dan post-test yang mengacu pada tingkatan kemampuan kognitif taksonomi Bloom. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data pada penelitian kali ini yaitu uji instrumen, uji data sebagai persyaratan analisis, dan uji hipotesis. Berdasarkan dari hasil pengujian, instrumen dinyatakan valid dan reliabel, serta data terdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh pada hasil belajar kognitif peserta didik di kelas eksperimen. Kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar kognitif yang signifikan dengan perolehan nilai rata-rata menjadi 77,58 dari 39,39. Sedangkan perolehan kelas kontrol dari 37,42 menjadi 66,52. Kesimpulan ini juga didukung dengan perolehan nilai Sig. pada uji t tidak berpasangan sebesar 0,04 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima dikarenakan nilai Sig. < 0,05. Sehingga terdapat perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X dengan menggunakan e-book dan tanpa menggunakan e-book pada materi tenaga endogen di SMA Negeri 52 Jakarta. This research aims to determine the effect of using e-book learning media on the cognitive learning outcomes of class X students at SMA Negeri 52 Jakarta. This research is included in the experimental research with the Group Pretest and Posttest Design using a control class and an experimental class. The sampling technique in this research used the purposive sampling method. The sample used in this research is class X.2 as the experimental class which will use e-book media in the learning process and class X.4 as the control class which will not use e-book in the learning process. The data obtained comes from questionnaires using the e-book and pre-test and post-test scores which refer to the cognitive ability level of Bloom's taxonomy. The techniques used to analyze data in this research are instrument tests, analysis requirements tests, and hypothesis test. Based on the test results, the instruments are considered valid and reliable, and the data is normal and homogeneous. Based on hypothesis testing, the results show that there is an effect of using e-book on the cognitive learning outcomes of students in the experimental class. The experimental class experienced a significant increase in cognitive learning outcomes with an average score of 77.58 from 39.39. While the control class gains from 37.42 to 66.52. This conclusion is also supported by the Sig. value on the independent sample t test of 0.04 which means Ho is rejected and Ha is accepted because of the Sig value. < 0.05. So that there is a difference on the cognitive learning outcomes of class X students using e-book and without using it on endogenous energy material at SMA Negeri 52 Jakarta

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Muhammad Zid, M.Si. 2). Fauzi Ramadhoan A'Rachman, M.Sc.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi Fisik
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 17076 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2023 05:16
Last Modified: 28 Feb 2023 05:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37342

Actions (login required)

View Item View Item