PENGARUH KONSEP DIRI DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UNJ ANGKATAN 2019

AMIRA ISMI NABILA, . (2023) PENGARUH KONSEP DIRI DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UNJ ANGKATAN 2019. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (815kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Konsep Diri (X1) dan Pola Asuh Orang Tua (X2) Terhadap Kemandirian Belajar (Y) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNJ Angkatan 2019. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 238 Mahasiswa dengan sampel yang dipakai sebanyak 142 Mahasiswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik Proportional Random Sampling. Teknik analisis yang dipakai pada penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda menggunakan program Statistical Package for Social Science (SPSS) Versi 24 . Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala likert. Hasil penelitian menghasilkan persamaan regresi Y = 5,363 + 0,440X1 + 550X2 nilai koefisien variabel Konsep Diri (X1) Dan Pola Asuh Orang Tua (X2) bernilai positif artinya ada positif Konsep Diri (X1) terhadap Kemandirian Belajar (Y) yang dan dapat dilihat dari hasil Uji T dengan nilai T hitung 5,288 > T tabel 1,977. Begitupula Pola Asuh Orang Tua (X2) berpengaruh positif terhadap Kemandirian Belajar (Y) yang dan didapat dari hasil Uji T dengan nilai T hitung 6,786 > T tabel 1,977. Selain itu terdapat pula Pengaruh Konsep Diri (X1) dan Pola Asuh Orang Tua (X2) Terhadap Kemandirian Belajar (Y) secara bersamaan yang didapatkan dari hasil Uji F atau Uji Simultan dengan nilai F hitung 75,566 > F tabel 3,06. Hasil uji koefisien determinasi (R2) didapatkan hasil sebesar 0,521 atau besarnya pengaruh Konsep Diri (X1) dan Pola Asuh Orang Tua (X2) Terhadap Kemandirian Belajar (Y) sebesar 52,1% dan sisanya 47,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. *** This study aims to analyze the influence of Self-Concept (X1) and Parenting Style (X2) on Self-Direct Learning (Y) of the Students Elementary School Teacher Study Program . The reasecrh method used is the quantitative method. The population in this study amounted to 238 students with a sample of 142 students. The sampling technique in this study used the proportional random sampling technique. The analysis technique used in this study was multiple regression analysis using the Statistical Package for Social Science (SPSS) Version 24. Data was collected through a questionnaire with a likert scale. The result of the research resulted in selling regression Y = 5.363 + 0.440X1 + 550X2 the coefficient value of the Self-Concept (X1) and Parenting Style (X2) is positive, meaning that there are a positive effect Self-Concept (X1) on Self-Direct Learning which can be seen from the result of the T test with a T count value of 5.288 > T table 1.977. Also Parenting Style (X2) has a positive effect on Self-Direct Learning which is obtained from the results of the T test with a T count of 6.786 > T table of 1.977. In addition, there is also the effect of Self-Concept (X1) and Parenting Style (X2) on Self-Direct Learning (Y) simultaneously from the result of the F test with F count of 75.566 > F table 3.06. The results for the coefficient of determination (R2) obtained a result of 0.521 or the magnitude of the influence of Self-Concept (X1) and Parenting Style (X2) on Self-Direct Learning of 52,1% and the remaining 47,9% is influenced by other variables that do not examined in this study.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rr. Ponco Dewi Karyaningsih, MM ; 2). Marsofiyati, S.Pd., M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 17324 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2023 07:18
Last Modified: 03 Mar 2023 07:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37411

Actions (login required)

View Item View Item