PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL UNTUK MENGENALKAN MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

MIA ANGGRAINI, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL UNTUK MENGENALKAN MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (860kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (747kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (345kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media digital dari aplikasi powerpoint yang memuat pengetahuan mengenai mitigasi bencana gempa bumi untuk anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Responden pada penelitian ini adalah 6 orang anak berusia 5-6 tahun, terdiri dari 3 anak laki-laki, dan 3 anak perempuan. Serangkaian hasil uji coba dari produk yang dikembangkan dilakukan oleh ahli media dengan persentase sebesar 94,4%, ahli materi dengan persentase sebesar 75%, tiga orang pendidik dengan persentase sebesar 93,9%, dan hasil uji coba efektivitas yang dilakukan pada anak usia 5-6 tahun dengan persentase 98,45%. Hasil dari pengembangan media digital powerpoint mitigasi bencana gempa bumi dapat dikatakan sudah sesuai dan berhasil dalam mengenalkan mitigasi bencana gempa bumi pada anak usia 5-6 tahun. **** The study was intended to produce a digital media product from the powerpoint application that contained knowledge about mitigation the earthquake disaster to children aged 5-6 years. The study used Research and Development methods (R&D) by using ADDIE development models (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The respondents in this study were 6 children aged 5-6 years, consisting of 3 boys, and 3 girls. A series of test results from the product developed by a media expert with a percentage of 94.4%, material expert with a percentage of 75%, educators with a percentage of 93.9%, and from the test results effectiveness carried out on children aged 5-6 years with a percentage 98.45%. As a result of the development of powerpoint digital media about mitigation the earthquake disaster has been appropriate and has been successful in introducing mitigation the earthquake disaster for children aged 5-6 years.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Yuliani Nurani, M.Pd. ; 2). Lara Fridani, S.Psi, M.Psych., Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 17371 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2023 02:33
Last Modified: 01 Mar 2023 02:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37416

Actions (login required)

View Item View Item