Hubungan Gaya Pengasuhan Orang Tua dengan Kecerdasan Emosional pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan

VINA RAHMASARI, . (2023) Hubungan Gaya Pengasuhan Orang Tua dengan Kecerdasan Emosional pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER..pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (426kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasional. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner secara langsung. Pengambilan data menggunakan teknik simple random sampling. Pengambilan sampel dilakukan pada lima sekolah dengan melibatkan 309 siswa dan orang tua siswa Madrasah Ibtidaiyah di kecamatan pasar minggu yaitu pada sekolah MI Al�Hidayatussalafiyah, MI Sirojul Muslimin, MI Al Hikmah, MI Nurul Hidayah JP, dan MI Faturrahman. Pengumpulan data penelitian ini dimulai dari bulan Januari 2022 sampai dengan bulan Juli 2022. Untuk menganalisis hubungan antar variabel uji yang digunakan adalah korelasi Spearman rank. Sebelum diuji, data diuji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara gaya pengasuhan orang tua dengan kecerdasan emosional siswa sebesar 0,302 dengan sig. 0,000. Yang artinya bahwa gaya pengasuhan orang tua berhubungan signifikan dengan kecerdasan emosional siswa. Semakin baik gaya pengasuhan yang diterapkan oleh orang tua maka semakin baik kecerdasan emosional siswa. Dengan demikian, orang tua disarankan untuk menerapkan gaya pengasuhan yang positif, seperti gaya pengasuhan pelatih emosi. Kata kunci: anak, gaya pengasuhan, kecerdasan emosional, orang tua This study aims to determine whether there is a relationship between parenting style and emotional intelligence in elementary school students in Pasar Minggu District, South Jakarta. This research is a quantitative study using a survey method with a correlational approach. Collecting data in this study using a questionnaire directly. Retrieval of data using a simple random sampling technique Sampling was carried out in five schools involving 309 students and parents of Madrasah Ibtidaiyah students in Pasar Minggu district, namely MI Al�Hidayatussalafiyah, MI Sirojul Muslimin, MI Al Hikmah, MI Nurul Hidayah JP, and MI Faturrahman. The data collection for this study starts from January 2022 to July 2022. To analyze the relationship between the test variables used is the Spearman rank correlation. Before being tested, the data was tested for prerequisites, namely the normality test using the Kolmogorov-Smirnov. The results showed that there was a relationship between parenting style and students' emotional intelligence of 0.302 with a sig. of 0.000. which means that parenting style is significantly related to students' emotional intelligence. The better the parenting style applied by parents, the better the emotional intelligence of students. Thus, parents are advised to apply positive parenting styles, such as the emotional coach parenting style. Keywords: children, emotional intelligence, parents, parenting style

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Elmanora, M.Si. ; 2). Maya Oktaviani, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 16821 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2023 03:26
Last Modified: 01 Mar 2023 03:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37448

Actions (login required)

View Item View Item