PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN YANG MENGIKUTI ORGANISASI DAN TIDAK

WINDA RAHMAWATI, . (2023) PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN YANG MENGIKUTI ORGANISASI DAN TIDAK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (815kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (676kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan yang mengikuti organisasi dan tidak. Prestasi belajar dilihat melalui indeks prestasi yang dimiliki mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif kuantitatif. Metode komparatif merupakan metode yang digunakan untuk membandingkan variabel dalam penelitian. Pengambilan data menggunakan Simple Random Sampling. Teknik analisis data uji normalitas, Uji hipotesis dengan Independent Sample t-Test. Hasil penelitian mahasiswa organisasi, memperoleh indeks prestasi 3,10 sebagai nilai terendah dan 3,70 sebagai nilai tertiggi. Dengan nilai rata-rata indeks prestasi 3,48. Mahasiswa yang tidak organisasi, memperoleh indeks prestasi 2,49 sebagai nilai terendah dan 3.58 sebagai nilai tertiggi. Dengan nilai rata-rata indeks prestasi 3,27. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh nilai thitung = 6,387 > ttabel = 1,984. Dapat disimpulkan, adanya perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa organisasi dengan mahasiswa yang tidak organisasi, membawa perbedaan secara signifikan. Prestasi belajar mahasiswa yang mengikuti organisasi cenderung lebih tinggi dari mahasiswa yang tidak mengikuti organisasi. ***** This study aims to determine the differences in learning achievement of Building Engineering Education students who join organizations and those who do not. Learning achievement is seen through the achievement index of students. The method used in this study is a quantitative comparative method. The comparative method is a method used to compare variables in research. Retrieval of data using Simple Random Sampling. Data analysis technique for normality test, hypothesis testing with Independent Sample t-Test. The results of research on organizational students obtained an achievement index of 3.10 as the lowest score and 3.70 as the highest score. With an average grade point average of 3.48. Students who are not organized get an achievement index of 2.49 as the lowest score and 3.58 as the highest score. With an average grade point average of 3.27. Based on the results of the t test calculation, the value of tcount = 6.387 > ttable = 1.984. It can be concluded, there are differences in learning achievement between organizational students and students who are not organized, bring significant differences. The learning achievement of students who join organizations tends to be higher than students who do not join organizations.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). R. Eka Murtinugraha, M. Pd. ; 2). Dra. Daryati, M.T.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 17363 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2023 06:17
Last Modified: 03 Mar 2023 06:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37838

Actions (login required)

View Item View Item