PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI JALAN & JEMBATAN KELAS XI DPIB DI SMK NEGERI 1 CILAKU JAWA BARAT

MUHAMMAD SULTAN NUR CHOHAN, . (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI JALAN & JEMBATAN KELAS XI DPIB DI SMK NEGERI 1 CILAKU JAWA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (619kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran konstruksi jalan & jembatan kelas XI DPIB di SMK Negeri 1 Cilaku Jawa Barat. Jenis Penelitian ini merupakan Quasi Experimen dengan desain nonequivalen control group design., dengan instrument pengumpulan data berupa tes hasil belajar melalui pretesti posttest.. Sampel diambil 2 kelas yang ditentukan dengan simple random sampling. Jumlah Sampel 62 orang. Kelas XI DPIB 1 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran koopeartif tipe STAD, sedangkan XI DPIB 2 sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana diperoleh konsisten variabel hasil belajar siswa adalah 13,758. Sedangkan koefisien regresi X sebesar 0,244 dengan persamaan regresi Y =13,758 + 0,244X. Hal tersebut dapat diartikan bahwa bahwa setiap penambahan 1% nilai pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, maka nilai hasil belajar siswa bertambah 0,244. Koefisien tersebut bernilai positif. Sehingga hubungan antara variabel X dan Y adalah positif. Berdasarkan hasil uji perhitungan determinasi atau uji R Square , hasil dari nilai R^2 adalah 0,084. Menandakan bahwa nilai pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap hasil belajar kognitif siswa sebesar +8,4%. Dari hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran koopearatif tipe STAD berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. This study aims to determine the effect of the cooperative learning model type student teams achievement division on student cognitive learning outcomes in the subject of road & bridge construction class xi dpib at SMK Negeri 1 Cilaku, West Java. This type of research is a quasi-experimental design with non-equivalent control group design, with data collection instruments in the form of learning outcomes tests through posttest pretest. The sample was taken 2 classes determined by simple random sampling. The number of samples is 62 people. Class XI DPIB 1 as an experimental class with a cooperative learning model type STAD, while XI DPIB 2 as a control class using conventional methods. Based on the results of hypothesis testing using a simple linear regression test, it was found that the student learning outcomes variable was consistent with 13,758. While the regression coefficient of X is 0.244 with regression equation Y =13,758 + 0,244X Where it can be interpreted that for every 1% addition of the value of the implementation of the STAD Type Cooperative Learning Model, the value of student learning outcomes increases by 0.244. The coefficient is positive. So the relationship between the variables X and Y is positive. Based on the results of the determination calculation test or R Square test, the result of the R^2 value is 0.084. Indicates that the value of the effect of the STAD Type Cooperative Learning Model on Student Learning Outcomes is +8.4%. From the results of this study, it can be concluded that the use of the STAD type of cooperative learning model has an effect on students' cognitive learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Tuti Iriani, M.Si ; 2). Dr. Winoto Hadi, ST.,MT
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Jembatan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 17359 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2023 05:21
Last Modified: 15 Mar 2023 05:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37852

Actions (login required)

View Item View Item