MODIFIKASI INSTRUMEN SILENCE MAHASISWA SAKSI KECURANGAN AKADEMIK: APLIKASI PEMODELAN RASCH DAN UJI VALIDITAS DISKRIMINAN DENGAN KONSTRUK STUDENT SUBJECTIVE WELL-BEING

ALFINA SASKIA ANANDA, . (2023) MODIFIKASI INSTRUMEN SILENCE MAHASISWA SAKSI KECURANGAN AKADEMIK: APLIKASI PEMODELAN RASCH DAN UJI VALIDITAS DISKRIMINAN DENGAN KONSTRUK STUDENT SUBJECTIVE WELL-BEING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh properti psikometrik instrumen silence yang dimodifikasi menjadi silence pada mahasiswa saksi kecurangan akademik dengan menggunakan aplikasi pemodelan Rasch dan melakukan uji validitas diskriminan dengan menggunakan konstruk student subjective well-being. Sampel pada penelitian ini berjumlah 774 mahasiswa aktif berusia 18-24 tahun. Terdapat 193 responden laki-laki dan 581 responden perempuan yang tersebar dari 35 provinsi di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen silence mahasiswa saksi kecurangan akademik memiliki karakteristik psikometri yang sangat baik. Semua asumsi pemodelan Rasch pada penelitian ini terpenuhi. Reliabilitas butir dan responden masing-masing sebesar 0,99 dan 0,92. Sedangkan nilai Alpha Cronbach sebesar 0,95. Instrumen ini telah terbukti memenuhi syarat validitas diskriminan. Hal ini dibuktikan dengan uji korelasi antara konstruk silence dengan student subjective well-being yang memiliki nilai koefisiensi korelasi sebesar -0,155 dan berada dalam kategori sangat lemah. Abstract This study aims to obtain the psychometric properties of the silence instrument which is modified to silence on student witnesses of academic fraud by using the Rasch modeling application and to test discriminant validity using the student subjective well-being construct. The sample in this study was 774 active students aged 18-24 years. There were 193 male respondents and 581 female respondents spread from 35 provinces in Indonesia. The results showed that the silence instrument for students who witnessed academic fraud had very good psychometric characteristics. All assumptions of Rasch modeling in this study are fulfilled. The reliability of the items and the respondents were 0.99 and 0.92, respectively. Meanwhile, Cronbach's Alpha value is 0.95. This instrument has been proven to meet the requirements of discriminant validity. This is evidenced by the correlation test between the silence construct and student subjective well-being which has a correlation coefficient of -0.155 and is in the very weak category.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr. Anna Armeini Rangkuti, M.Si. ; 2. Rahmadianty Gazadinda, M.Sc.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: Users 17753 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2023 05:17
Last Modified: 16 Jan 2024 00:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37932

Actions (login required)

View Item View Item