UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN WAWANCARA SISWA KELAS IV SDN PISANGAN TIMUR 11 JAKARTA TIMUR MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

AULIA WIDYA PRATAMA, . (2023) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN WAWANCARA SISWA KELAS IV SDN PISANGAN TIMUR 11 JAKARTA TIMUR MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (482kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis laporan wawancara melalui penerapan pendekatan kontekstual pada peserta didik kelas IV SDN Pisangan Timur 11 Jakarta Timur yang berjumlah 28 peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari semester genap tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Analisis data diakukan dengan merefleksi kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan pada setiap siklus. Pada siklus I peserta didik yang memperoleh nilai ≥72 mencapai 64,28%, sedangkan pada siklus II mencapai 78,57%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan menulis laporan wawancara peserta didik kelas IV SDN Pisangan Timur 11 Jakarta Timur. Berdasarkan hasil pengamatan proses pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kontekstual pada pembelajaran bahasa Indonesia memperoleh presentase hasil pengamatan tindakan aktivitas guru pada siklus I pertemuan ke-2 sebesar 76,6%. Untuk pemantauan tindakan aktivitas peserta didik pada pertemuan ke-2 sebesar 78,3%. Pada siklus II pemantauan tindakan aktivitas guru mendapatkan hasil presentase pertemuan ke-2 sebesar 86,6% dan untuk tindakan aktivitas peserta didik pada pertemuan ke-2 sebesar 88,3%. Implikasi dari penelitian tindakan kelas ini adalah keterampilan menulis laporan wawancara peserta didik kelas IV SDN Pisangan Timur 11 Jakarta Timur dapat meningkat dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan menerapkan pendekatan kontekstual. This study aims to improve the skills of writing interview reports through the application of a contextual approach to grade IV students of SDN Pisangan Timur 11 East Jakarta, totaling 28 students. This research was conducted in January in the even semester of the 2022/2023 school year. The method used is a class action research method, using the Kemmis and Mc. Taggart model. Data analysis is carried out by reflecting on the activities that have been carried out in each cycle. In the first cycle, students who obtained a score of ≥72 reached 64.28%, while in cycle II it reached 78.57%. These results show that the application of a contextual approach in Indonesian learning can improve the skills of writing interview reports for grade IV students of SDN Pisangan Timur 11 East Jakarta. Based on the results of observations of the learning process by applying a contextual approach to learning Indonesian obtained a percentage of the results of observations of teacher activity actions in the first cycle of the 2nd meeting of 76.6%. For monitoring the activity actions of learners at the 2nd meeting by 78.3%. In the second cycle of monitoring the activity actions, the teacher got the result of the 2nd meeting percentage of 86.6% and for the activity actions of students at the 2nd meeting of 88.3%. The implication of this class action research is that the skills of writing interview reports for grade IV students of SDN Pisangan Timur 11 East Jakarta can improve in Indonesian learning by applying a contextual approach.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd ; 2). Prof. Dr. Edwita, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 17704 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2023 02:12
Last Modified: 07 Mar 2023 02:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37956

Actions (login required)

View Item View Item