SUCI AWALIA, . (2023) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK INTERAKTIF BERBASIS KONTEKSTUAL BERBANTUAN APLIKASI FLIP PDF CORPORATE EDITION PADA PPKN KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (956kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (267kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V .pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (260kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah prosedur pengembangan modul elektronik interaktif berbasis kontekstual pada PPKn kelas V sekolah dasar, serta juga untuk mengetahui kualitas kelayakan produk tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan prosedur tahapan pengembangannya menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V di SDN Sukabumi Utara 01 dengan jumlah 31 peserta didik. Instrumen penelitian ini berupa kuesioner yang digunakan untuk validasi oleh para ahli dan respons peserta didik. Selanjutnya untuk menganalisis data yang diperoleh menggunakan analisis deskriptif. Untuk validasi produk dilakukan oleh tiga ahli, yakni ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Kemudian untuk uji coba pada peserta didik dilakukan melalui tiga tahap, yakni uji coba perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan. Berdasarkan hasil penilaian oleh para ahli dan respon peserta didik terhadap modul elektronik interaktif ini memperoleh rerata skor dengan kriteria sangat baik, hal ini menunjukkan bahwa pengembangan modul elektronik interaktif berbasis kontekstual dengan bantuan aplikasi Flip PDF Corporate Edition ini layak untuk digunakan oleh peserta didik pada suatu pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran PPKn kelas V Sekolah Dasar. This study aims to describe the procedural steps for developing contextualbased interactive electronic modules in civic education fifth grade elementary schools, as well as to determine the feasibility quality of the product. This type of research and development (R&D) with procedure for the development stages using ADDIE model. The subjects of this study were fifth grade students at SDN Sukabumi Utara 01 with a total of 31 students. This research instrument is in the form of a questionnaire used for validation by experts and student responses. Furthermore, to analyze the data obtained using descriptive analysis. Product validation was carried out by three experts, namely material experts, language experts, and media experts. Then for trials on students carried out through three stages, namely one to one test, small group tests and field tests. Based on the results of the assessment by the experts and the responses of the students to this interactive electronic module, the average score was very good. This indicates that the development of contextually-based interactive electronic modules with Flip PDF Corporate Edition Application is appropriate for use by students in a lesson, especially in civic education fifth grade elementary school.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd. ; 2). Drs. Sutrisno, M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 17594 not found. |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 02:17 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 02:17 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37971 |
Actions (login required)
View Item |