STRATEGI KOMUNIKASI PLATFORM RUANGBEKA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN EDUKASI KARIR

KHAIRUNNISA ROSDIANI, . (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PLATFORM RUANGBEKA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN EDUKASI KARIR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Strategi komunikasi merupakan dasar keberhasilan dari komunikasi yang dilakukan. Strategi komunikasi sangat diperlukan dalam mencapai sebuah tujuan salah satunya untuk memberikan edukasi karir kepada publik. Peningkatan edukasi karir saat ini sangat dibutuhkan untuk membantu siswa dan masyarakat umum agar dapat menentukan tujuan di masa depan baik itu menjadi pekerja maupun melanjutkan studi. Platform Ruang Beka hadir untuk membantu publik dengan memberikan edukasi karir melalui beberapa layanan yang di berikannya. Tujuan dalam penelitian ini yaitu melihat bagaimana strategi komunikasi yang digunakan oleh platform Ruang Beka dalam memberikan layanan edukasi karir ke Publik. Penelitian ini menggunakan konsep strategi komunikasi yang dikemukakan oleh Suprapto yang terdiri dari mengenal khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode, seleksi penggunaan media, dan hambatan dalam komunikasi. Selain itu penelitian ini juga menggunakan teori perencanaan komunikasi dari Charles Berger yang menjelaskan bahwa rencana adalah sebuah pemikiran dari aksi yang akan dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, paradigma konstruktivisme, dengan teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling, yakni sebanyak enam Informan yang terdiri dari dua Pengurus Ruang Beka, dua Mitra Ruang Beka dan dua Pengguna Ruang Beka. Validasi data menggunakan teknik triangulasi metode yang dimana mengolah data dengan membandingkan dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahwa Ruang Beka dalam meningkatkan edukasi karir dilakukan dalam 5 (lima) tahap utama, yaitu mengenal khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode, seleksi penggunaan media, dan hambatan dalam komunikasi. Target khalayak yang dimiliki oleh Ruang Beka yaitu anak muda mulai dari remaja sekolah menengah atas hingga umum, Ruang Beka juga menerapkan pesan yang dibuat untuk diterbitkan menjadi konten di media sosial serta materi yang dibawakan dalam kegiatan webinar, selain itu penggunaan media disesuaikan dengan kebutuhan dan kemudahan akses khalayak dan pengoptimalan dari para pengurus ruang beka, jalinan kolaborasi juga dilakukan untuk meningkatkan efektifitas dalam penyebaran pesan. Ruang Beka juga memperhatikan hambatan yang sering terjadi saat melakukan komunikasi dengan pengguna layanan selama berkomunikasi melalui media sosial. Kesimpulan dalam penelitian ini dapat dilihat bahwa Ruang Beka sebagai platform pemberian edukasi karir telah menerapkan beberapa langkah-langkah dalam komunikasi untuk dapat mengoptimalkan keefektifan informasi yang disampaikan melalui media sosial ke komunikan yang ditargetkan. Tahapan-tahapan yang dilakukan Ruang Beka sesuai dengan konsep strategi komunikasi yang dikemukakan oleh Suprapto yaitu mengenal khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode, seleksi penggunaan media, dan hambatan dalam komunikasi. Saran pada penelitian ini yaitu adanya perencanaan strategi yang lebih matang, butuhnya evaluasi rutin, dan mengikuti perkembangan digital Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Layanan Edukasi Karir, Media Sosial The communication strategy is the basis for the success of the communication carried out. A communication strategy is needed in achieving a goal, one of which is to provide career education to the public. Increasing career education is currently urgently needed to help students and the general public in order to determine their future goals, be it becoming a worker or continuing their studies. The Ruang Beka platform is here to help the public by providing career education through several services it provides. The purpose of this study is to see how the communication strategy used by the Ruang Beka platform in providing career education services to the public. This study uses the concept of a communication strategy put forward by Suprapto which consists of getting to know the audience, compiling messages, establishing methods, selecting media use, and barriers to communication. In addition, this study also uses the theory of communication planning from Charles Berger which explains that a plan is a thought of the action to be carried out. This study uses qualitative methods with a case study approach, constructivism paradigm, with data collection techniques using interviews, observation and documentation. The determination of informants used a purposive sampling technique, namely six informants consisting of two Beka Room Management, two Beka Room Partners and two Beka Room Users.Data validation uses a method triangulation technique which processes data by comparing the results of interviews, observations and documentation. The results of the study found that the Beka Room in improving career education was carried out in 5 (five) main stages, namely getting to know the audience, compiling messages, establishing methods, selecting media use, and barriers to communication. The target audience owned by Ruang Beka is young people ranging from high school teenagers to the general public, Ruang Beka also implements messages that are made to be published into content on social media as well as material presented in webinar activities, besides that the use of media is adjusted to the needs and convenience access to audiences and optimizing the administrators of the former room, collaboration is also carried out to increase effectiveness in disseminating messages. Ruang Beka also pays attention to the obstacles that often occur when performing communication with service users while communicating via social media. The conclusion in this study can be seen that Ruang Beka as a platform for providing career education has implemented several steps in iii iv communication to be able to optimize the effectiveness of information conveyed via social media to targeted communicants. The stages carried out by Ruang Beka are in accordance with the concept of a communication strategy put forward by Suprapto, namely getting to know the audience, compiling messages, determining methods, selecting media use, and barriers to communication. Suggestions for this research are more mature strategic planning, the need for regular evaluations, and following digital developments Keywords: Communication Strategy, Career Education Services, Social Media

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Maulina Larasati Putri, M.I.Kom. 2). Nada Arina Romli, M.I.Kom.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Divisions: FIS > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 16954 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2023 04:54
Last Modified: 10 Mar 2023 04:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38251

Actions (login required)

View Item View Item