UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR MELOMPAT DENGAN MENGGUNAKAN MODIFIKASI MEDIA PADA SISWA KELAS III SDS TRISULA PERWARI 3 RAWAMANGUN

RENALDY SUKMAWIJAYA, . (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR MELOMPAT DENGAN MENGGUNAKAN MODIFIKASI MEDIA PADA SISWA KELAS III SDS TRISULA PERWARI 3 RAWAMANGUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

*ABSTRAK* Penelitian ini dibuat sebagai salah satu sarana untuk mengetahui bahwa dengan penerapan pendekatan modifikasi media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar melompat untuk siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, Metode Penelitian tindakan kelas atau biasa juga si sebut classroom action research. Dalam penggunaan metode penelitian tindakan peneliti menggunakan dua siklus akan tetapi dalam setiap siklus terdiri dari dua tindakan. Instrumen yang digunakan untuk peningkatan gerak dasar melempar yaitu sikap awal, pelaksanaan, dan sikap akhir. Syarat penilaian ketuntasan mengacu pada standar nilai ktriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Sementara itu alat ukur untuk hasil peningkatan gerak dasar melompat menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan pendekatan modifikasi media dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar melempar baik itu sikap awal, pelaksanaan, dan sikap akhir. Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan menunjukan bahwa dengan penerapan pendekatana modifikasi media dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar melompat mulai dari sikap awal, pelaksanaan, dan sikap akhir. Penigkatan tersebut ditunjukan melalui hasil peningkatan berupa presentasi setiap siklusnya. Data awal 85% tidak memenuhi syarat penilain atau tidak tuntas 15% dalam status tuntas. Data siklus I menunjukan hasil 65% dengan status tidak tuntas dan 35% pada status tuntas. Data siklus II menunjukan hasil 10% dengan status tidak tuntas dan 90% pada status tuntas. Sehingga jika proses pembelajaran di susun baik dalam perencanaan serta pelaksanaan seperti sebelumnya dapat diduga akan baik serta memuaskan seperti apa yang dilakukan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan modifikasi media dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar melompat siswa. Kata kunci : Penelitian tindakan kelas, gerak dasar melempar dan menangkap, modifikasi media *ABSTRACT* This research was made as a means to find out that the application of a modified learning media approach can improve jump learning outcomes for students. The research method used in this research is the Classroom Action Research Method or also known as Classroom Action Research. In using action research methods, researchers use two cycles, but each cycle consists of two actions. The instruments used to improve the basic throwing motion are initial attitude, execution, and final attitude. The requirements for completeness assessment refer to the standard minimum completeness criterion score (KKM), which is 75. Meanwhile, the measurement tool for the results of increasing the basic jumping motion uses an observation sheet. The results of the study showed that the application of the media modification approach could improve the basic throwing motion skills, both the initial stance, execution and final stance. The results of the research that has been carried out show that the application of the media modification approach can improve the basic movement abilities of jumping starting from the initial attitude, execution, and final attitude. The increase is shown through the results of the increase in the presentation of each cycle. Initial data 85% does not meet the assessment requirements or incomplete 15% is in the status of completion. Cycle I data shows results of 65% with incomplete status and 35% in completed status. Cycle II data shows results of 10% with incomplete status and 90% in completed status. So if the learning process is structured both in planning and implementation as before it can be expected that it will be as good and satisfying as what was done in this study. Based on the results of the research conducted, it can be concluded that the application of a media modification approach can improve learning outcomes for students' basic jumping motions. Keywords: Classroom action research, basic movements, basic jumping movements, modification of learning media

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Iwan Setiawan, M.Pd 2) Mastri Juniarto, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga > Atletik
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 17162 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2023 05:02
Last Modified: 09 Mar 2023 05:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38295

Actions (login required)

View Item View Item