TITO SUHARTONO, . (2012) Pengaruh Media Kartu Kata terhadap Kemampuan Menulis Kreatif Puisi Kelas VII SMPN 249 Jakarta Barat. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.
Text
Abstrak.pdf Download (12kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (37kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (116kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (151kB) |
|
Text
BAB IV Tito 2007.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V Tito.pdf Download (67kB) |
|
Text
Cover Skripsi.pdf Download (25kB) |
|
Text
Dafar Isi.pdf Download (17kB) |
|
Text
Daftar Grafik.pdf Download (10kB) |
|
Text
Daftar Lampiran.pdf Download (11kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (17kB) |
|
Text
Daftar Tabel.pdf Download (11kB) |
|
Text
Kata Pengantar Fix.pdf Download (22kB) |
|
Text
Lampiran Fix 2007.pdf Download (590kB) |
|
Text
Lampiran Media Kartu Kata.pdf Download (272kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf Download (11kB) |
|
Text
Lembar Pernyataan Materai.pdf Download (10kB) |
|
Text
Lembar Persembahan.pdf Download (33kB) |
|
Text
Lembar Publikasi.pdf Download (32kB) |
|
Text
RPP Kelas Eksperimen Skripsi.pdf Download (59kB) |
|
Text
RPP Kelas Kontrol Skripsi.pdf Download (58kB) |
|
Text
TITO SUHARTONO.pdf Download (5MB) |
Abstract
Menulis kreatif puisi adalah suatu proses bagaimana sebuah gagasan lahir dan diciptakan oleh seorang penulis menjadi sebuah karya tulis. Menulis kreatif puisi adalah pengungkapan pikiran yang mengalir dari pikiran seseorang ke selembar kertas. Menulis kreatif puisi merupakan salah satu aspek pembelajaran yang masih dirasa sulit untuk siswa. Dalam menulis kreatif puisi, harus diperhatikan beberapa aspek diantaranya : bahasa, diksi, relevansi isi denganm tema, pencitraan serta amanat. Untuk dapat memaksimalkan aspek tersebut, maka peneliti melakukan penelitian dengan media kartu kata. Media kartu kata merupakan media yang menggunakan kartu sebagai perantara agar siswa dapat melatih aspek bahasa, diksi, relevansi isi dengan tema, pencitraan serta amanat menjadi lebih baik dengan menulis kata-kata yang terdapat dalam kartu kata tersebut dan mengkreasikannya sehingga menjadi sebuah puisi yang indah. Desain penelitian yang digunakan adalah two group pretest dan postest dengan kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Jumlah sampel yang diambil pada kelas eksperimen adalah 36 dan 30 di kelas kontrol. Jumlah ini disesuaikan dengan kehadiran siswa saat pretest, perlakuan, dan postest. Dapat disimpulkan pada hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh media kartu kata terhadap hasil belajar menulis kreatif puisi siswa kelas VII SMPN 249 Jakarta Barat diterima, dengan diperolehnya thitung = 3,88 > ttabel = 1,67 dalam taraf nyata 0,05 serta adanya peningkatan lebih tinggi pada kelas eksperimen dibanding kelas kontrol yang dapat dilihat dari rentangan nilai saat pretest antara 8 – 84 dan mencapai nilai rata-rata 48,44, sedangkan saat posttest antara 36 – 101 mencapai nilai rata-rata 71,55.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1.) Gres Grasia Azmin, M.Si. 2.) Drs. Krisanjaya, M.Hum |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | putra putra putra |
Date Deposited: | 21 Oct 2019 15:41 |
Last Modified: | 21 Oct 2019 15:41 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/383 |
Actions (login required)
View Item |