PENGARUH LITERASI EKONOMI, PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MASYARAKAT INDONESIA (PADA ANGGOTA GRUP BERBURUSALE DI TELEGRAM)

TANTI RAHMAWATI, . (2023) PENGARUH LITERASI EKONOMI, PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MASYARAKAT INDONESIA (PADA ANGGOTA GRUP BERBURUSALE DI TELEGRAM). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (928kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi ekonomi, penggunaan uang elektronik dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi di dalam penelitian ini yaitu anggota grup Berburusale yang berada di aplikasi Telegram dengan sampel sebanyak 347 anggota grup Berburusale. Teknik pengambilan sampel dengan Proportional Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner atau angket kepada 347 anggota grup Berburusale. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan ¬uji chi-square dan korelasi rank spearman. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Literasi ekonomi memiliki pengaruh negatif dan signifikan sebesar 15,9% terhadap perilaku konsumtif, 2) Penggunaan uang elektronik berpengaruh positif dan signifikan sebesar 21,6% terhadap perilaku konsumtif, 3) Gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan sebesar 45% terhadap perilaku konsumtif. Kata kunci: literasi ekonomi, penggunaan uang elektronik, gaya hidup, perilaku konsumtif *** This study aims to analyze the influence of economic literacy, use of electronic money and lifestyle on consumptive behavior. The method used in this research is a quantitative method. The population in this study are members of the Berburusale group who are on the Telegram application with a sample of 347 members of the Berburusale group. Sampling technique with Proportional Random Sampling. Data collection was carried out by distributing questionnaires to 347 members of the Berburusale group. The data analysis technique used is the chi-square test and Spearman's rank correlation. The results of this study are: 1) Economic literacy has a negative and significant effect of 15.9% on consumptive behavior, 2) The use of electronic money has a positive and significant effect of 21.6% on consumptive behavior, 3) Lifestyle has a positive and significant effect by 45% on consumptive behavior. Keywords: economic literacy, use of electronic money, lifestyle, consumptive behavior.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Siti Nurjanah, S.E., M.Si ; 2). Prof. Rd Tuty Sariwulan, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 17892 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:23
Last Modified: 09 Mar 2023 07:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38312

Actions (login required)

View Item View Item