PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 59 JAKARTA DENGAN MEDIASI KEMANDIRIAN BELAJAR

SUCI RAHMAWATI, . (2022) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 59 JAKARTA DENGAN MEDIASI KEMANDIRIAN BELAJAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Motivasi Belajar, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMAN 59 Jakarta Dengan Mediasi Kemandirian Belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi yang terjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 59 Jakarta dan sampel yang diambil dari populasi adalah 89 siswa. Teknik pengambilan sampel secara simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner atau angket yang disebarkan melalui google formulir kepada 89 siswa kelas XI IPS SMAN 59 Jakarta. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer untuk variabel bebas (X) dan data sekunder untuk variabel terikat (Y). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Adanya pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. 2) Adanya pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa. 3) Adanya pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa. 4) Adanya pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa. 5) Adanya pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap kemandirian belajar siswa. 6) Adanya pengaruh positif dan tidak signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa melalui kemandirian belajar. 7) Adanya pengaruh positif dan tidak signifikan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa melalui kemandirian belajar. *** This study aims to analyze the influence of learning motivation and family environment on economic learning outcomes of class XI social studies students at SMAN 59 Jakarta with learning independence mediation. The method used in this research is descriptive quantitative. The reachable population in this study were all students of class XI IPS SMAN 59 Jakarta and the sample taken from the population was 89 students. The sampling technique is simple random sampling. Data collection was carried out using a questionnaire distributed via Google forms to 89 students of class XI IPS SMAN 59 Jakarta. The data used in this study are primary data for the independent variable (X) and secondary data for the dependent variable (Y). The data analysis technique used is path analysis. The results of this study indicate that: 1) There is a positive and significant influence between learning motivation on student learning outcomes. 2) There is a positive and significant influence between the family environment on student learning outcomes. 3) There is a positive and significant influence between learning independence on student learning outcomes. 4) There is a positive and significant influence between learning motivation on student learning independence. 5) There is a positive and significant influence between the family environment on student learning independence. 6) There is a positive influence and insignificant between learning motivation on student learning outcomes through independent learning. 7) There is a positive influence and insignificant between the family environment on student learning outcomes through independent learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Rd. Tuty Sariwulan, M.Si ; 2). Dr. Agus Wibowo, S.Pd.I., M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 17975 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2023 09:39
Last Modified: 12 Mar 2023 09:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38409

Actions (login required)

View Item View Item