STRATEGI GURU DI MASA DAN PASCA PANDEMI DALAM PEMBELAJARAN MUSIK ANAK USIA DINI

SARAH YUSTIFIKA PANJAITAN, . (2023) STRATEGI GURU DI MASA DAN PASCA PANDEMI DALAM PEMBELAJARAN MUSIK ANAK USIA DINI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy

Abstract

Sarah Yustifika Panjaitan, 2023. Strategi Guru di Masa dan Pasca Pandemi Pembelajaran dalam Musik Anak Usia Dini. Skripsi. Program Studi Pendidikan Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Tujuan Penelitian in untuk mengetahui strategi yang diterapkan guru dalam pembelajaran musik anak usia dini di masa dan pasca pandemi. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Literature Review dengan teknik analisis systematic review yang bersifat naratif. Data berasal dari hasil penelitian yang sudah ada dan diperoleh dari mesin pencarian google, google scholar, semantic scholar, researchgate dan sage journals dan buku-buku mengenai strategi pembelajaran. Tempat dan Waktu Penelitian dilaksanakan di Jakarta Selatan, Jakarta pada bulan September 2022 sampai dengan Januari 2023. Pengumpulan Data dilakukan dengan mengambil 15 artikel yang diolah dengan menyederhanakan, mengornasisasikan data secara sistematis agar dapat menjawab permasalahan dalam penelitian, yang kemudian di analisis dengan memberi argumen logis. Objek Penelitian adalah strategi guru. Analisis Data dilakukan dengan membuat catatan dan memberi warna pada tiap kategori lalu dirangkum, disajikan, dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu strategi yang digunakan guru di masa pandemi dalam pembelajaran musik anak usia dini yaitu strategi pembelajaran terpadu atau seni terpadu melalui kegiatan bernyanyi dan bergerak mengikuti musik dan pasca pandemi yaitu strategi pembelajaran ekspositori, strategi pembelajaran kooperatif, strategi pembelajaran seni terpadu, strategi pembelajaran quantum dan strategi pembelajaran aktif melalui kegiatan bernyanyi dan bermain musik. Kata Kunci: Strategi, Pandemi, Pendidikan Musik Anak Usia Dini ***** Sarah Yustifika Panjaitan, 2023. Teacher's Strategies in the Period and Post�Pandemic Learning in Early Childhood Music. Thesis. Music Education Study Program, Faculty of Language and Arts, Jakarta State University. The purpose of this study is to find out the strategies applied by teachers in early childhood music learning during and after the pandemic. The research method used in this study is the Literature Review method with narrative analysis techniques systematic review. The data comes from the results of existing research and is obtained from google search engines, google scholar, semantic scholar, researchgate, sage journals, and books on learning strategies. Place and Time the Research was held in South Jakarta, Jakarta from September 2022 to January 2023. Data Collection is carried out by taking 15 articles which are processed by simplifying and systematically modernizing data in order to answer problems in research, which is then analyzed by providing logical arguments. The Object of Research is the teacher's strategy. Data Analysis is carried out by making notes and giving color to each category and then summarizing, presenting, and drawing conclusions. The results of this study are strategies used by teachers during the pandemic in early childhood music learning, namely integrated learning strategies or integrated arts through singing and moving to follow the music and post�pandemic activities, namely expository learning strategies, cooperative learning strategies, integrated art learning strategies, quantum learning strategies, and active learning strategies through singing and playing music activities. Keywords: Strategy, Pandemic, Music Education for Early Childhood

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rien Safrina, M.A., Ph.D. ; 2). Dr. Hery Budiawan, M.Sn.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Seni Musik > Musik
Kesenian > Seni (umum)
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Users 17741 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2023 01:09
Last Modified: 20 Mar 2023 01:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38578

Actions (login required)

View Item View Item