PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL VIDEO ANIMASI PADA KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 30 JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

MAULANA FAJAR, . (2023) PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL VIDEO ANIMASI PADA KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 30 JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (386kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Audiovisual Video Animasi terhadap keterampilan menulis Teks Cerita Pendek pada siswa kelas XI SMA Negeri 30 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian model One-Group Pretest-Posttest Design. Uji prasyarat analisis data dilakukan uji normalitas dengan uji Lillefors, diperoleh Lo= 0,131< Ltabel = 0,160 pada pretest dan Lo=0,134< Ltabel = 0,160 dengan taraf signifikasi α=0,05 pada posttest maka data dinyatakan berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung = 1,070 dan Ftabel = 1,882, diperoleh bahwa Fhitung < Ftabel, maka data memiliki varians homogen dengan taraf signifikasi α=0,05. Hasil analisis data dengan uji-t diperoleh thitung= 9,916 > ttabel= 2,051 hasil interpolasi dengan taraf signifikasi α=0,05. Dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media Audiovisual Video Animasi berpengaruh terhadap keterampilan menulis Teks Cerita Pendek pada siswa kelas XI SMA Negeri 30 Jakarta. Pada penilaian dua belas aspek Teks Cerita Pendek, aspek struktur orientasi, unsur tema, dan unsur sudut pandang memiliki kenaikan tertinggi. Berdasarkan hasil di atas, media Audiovisual Video Animasi dapat digunakan menjadi media yang baik dalam pembelajaran Teks Cerita Pendek dan bisa diimplikasikan untuk materi pembelajaran Teks Drama pada Kompetensi Dasar 3.18 dan 4.18 kurikulum 2013. ***** This study aims to determine the influence of Audiovisual Video Animation media on writing short story texts skills of class XI students of SMA Negeri 30 Jakarta. This study uses an experimental method with a research design model of One-Group Pretest-Posttest Design. The prerequisite test for data analysis was carried out by normality test with Lillefors test, obtained Lo = 0.131 < L table = 0.160 in the pretest and Lo = 0.134 < L table = 0.160 with a significance level of = 0.05 in the posttest, the data is declared normally distributed. The results of the homogeneity test using Fisher's exact test obtained Fcount = 1.070 and Ftable = 1.882, it was found that Fcount < Ftable, then the data had a homogeneous variance with a significance level of = 0.05. The results of data analysis with t-test obtained tcount = 9.916 > ttable = 2.051 interpolation results with significance level = 0.05. It can be stated that Ho is rejected and H1 is accepted. The results of this study indicate that the use of Audiovisual Video Animation media Influence the writing skills of short story texts in class XI students of SMA Negeri 30 Jakarta. In the assessment of twelve aspects of Short Story Text, aspects of orientation structure, theme elements, and point of view elements have the highest increase. Based on the above results, the Audiovisual Video Animation media can be used as a good media in learning Short Story Text and can be implied for Drama Text learning material in Basic Competencies 3.18 and 4.18 curriculum 2013.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Reni Nur Eriyani, M.Pd. ; 2). Rahmah Purwahida, S.Pd., M.Hum.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 17516 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2023 01:05
Last Modified: 28 Mar 2023 01:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38738

Actions (login required)

View Item View Item