PENINGKATAN KECERDASAN MORAL SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK

CHAIRUL AMRIYAH, . (2020) PENINGKATAN KECERDASAN MORAL SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (751kB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (424kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan moral siswa Sekolah Dasar melalui pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (Action research) dengan model penelitian Kemmis dan McTaggart. Metode penelitian tindakan ini merupakan metode penelitian yang menekankan pada praktek sosial yang bertujuan kearah peningkatan suatu proses pembelajaran diikuti oleh penemuan yang sistematis, memiliki proses reflektif, bersifat partisipatif, dan ditentukan oleh pelaksana. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, adapun subjek penelitian adalah siswa kelas tiga Sekolah Dasar Negeri 3 Kaliawi dan MI Al Khairiyah Bandar Lampung, dengan jumlah keseluruhan 43 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, serta instrument yang diberikan untuk mengukur kecerdasan moral siswa. Analisis data kualitatif digunakan dengan cara menganalisis data dari hasil catatan lapangan dan wawancara selama penelitiaan berlangsung dengan langkah-langkah reduksi data, display data, dan verifikasi data. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan moral siswa sekolah dasar melalui pembelajaran tematik yaitu terlihat pada pra siklus dengan skor keseluruhan dari 43 siswa yaitu 34,09, di siklus I diperoleh skor 47,68. Kemudian pada siklus II berada pada kategori mulai meningkat, lalu meningkat sesuai harapan dengan skor 64,95 dan pada siklus III menjadi skor 88,66, ini menunjukkan ada peningkatan yang baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan moral siswa Sekolah Dasar Negeri 3 Kaliawi dan MI Al Khairiyah Bandar Lampung meningkat melalui proses penerapan pembelajaran tematik. ************This study purpose to improve the moral intelligence of elementary school students through thematic learning models. This research is an action research with the research model of Kemmis and McTaggart. This action research method is a research method that emphasizes social practice which purpose to increase the improvement of a learning process followed by systematic discovery, has a reflective process, is participative in nature, and is determined by the executor. This research was conducted in three cycles, while the research subjects were third grade students of Elementary school Negeri 3 Kaliawi and MI Al Khairiyah Bandar Lampung, With a total of 43 students. Data collection was done by means of observation, interviews, documentation, and the instruments provided to measure students moral intelligence. Qualitative data analysis is used by analyzing data from the results of field notes and interviews during the study with data reduction steps, data display and data verification. From the results of research that has shown an increase in moral intelligence of elementary school students through thematic learning, it can be seen in the cycle with a score overall of 43 students namely of 34.09, in the first cycle obtained a score of 47.68. And then in the second cycle the category has increase, the increased according to expectations with a score of 64.95 and in the third cycle a score of 88.66, this indicate a good increase. The results of this study indicate that the moral intelligence of students of Elementary School Negeri 3 Kaliawi and MI Al Khairiyah Bandar Lampung is seen to have increase through the process of implementing thematic learning.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Dr. Moch. Sukardjo, M.Pd ; 2). Prof. Dr. Yufiarti, M.Psi
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 18073 not found.
Date Deposited: 04 May 2023 03:09
Last Modified: 04 May 2023 03:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38810

Actions (login required)

View Item View Item