PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DENGAN DI MEDIASI KOMITMEN ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA

Yos Horta Meliala, . (2023) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DENGAN DI MEDIASI KOMITMEN ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (637kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (596kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan komunitas individu-individu yang memiliki tugas dan fungsi yang terlembagakan untuk melayani rakyat yang dapat diartikan secara singkat sebagai pemikir, perencana, pelaksana sekaligus pengawas jalanya pemerintahan, pembangunan, dan pembinaan masyarakat. Mengingat perannya yang sangat vital, maka sudah selayaknya sebuah organisasi pemerintahan melakukan suatu mekanisme pemeliharaan Sumber Daya Manusia dengan memperhatikan Organizational Citizenship Behavior (OCB) Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam meningkatkan efektifitas sebuah Organisasi, karena perilaku tersebut mampu mempengaruhi aspek-aspek sosial yang ada di suatu Organisasi terlebih lagi pada Organisasi Pemerintahan, seperti kerjasama tim, komunikasi dan kemampuan interpersonal lainnya. Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah membangun suatu model empiris Organizational Citizenship Behavior (OCB) para Aparatur Sipil Negara (ASN) generasi Milenial melalui analisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepemimpinan Transformasional terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dengan dimediasi Komitmen Organisasi dan Kepuasaan Kerja pada Aparatur Sipil Negara (ASN) generasi Millenial di Kementerian Ketenagakerjaan RI, Jakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Integrative Model Of Organizational Behavior dan Social Exchange Theory. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 270 dari 833 Aparatur Sipil Negara (ASN) generasi Millenial yang bekerja di Kementerian Ketenagakerjaan RI, Jakarta, sedangkan teknik pengambilan sampel yang peneliti gunakan adalah Proportionate Stratified Random Sampling. Prosedur yang digunakan dalam pengembangan dan pengujian model serta pengolahan data adalah model persamaan structural (SEM). Data dianalisis dengan menggunakan perangkat lunak statistic Lisrel 8.0. penelitian ini menghasilkan temuan bahwa Budaya Organisasi, Kepemimpinan Transformasional, Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja berpengaruh terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB). Hasil lain menunjukkan Komitmen Organisasi dan Kepuasaan Kerja mampu memediasi pengaruh tidak langsung Budaya Organisasi maupun Kepemimpinan Transformasional terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB). Secara teoritikal, Integrative Model Of Organizational Behavior dan Social Exchange Theory.masih relevan menjelaskan temuan penelitian bahwa Budaya Organisasi yang sesuai, kepemimpinan Transformasional yang tepat akan menghasilkan Komitmen Organisasi yang kuat dan Kepuasaan kerja yang tinggi dan pada akhirnya akan membangun Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada diri dari para Aparatur Sipil Negara (ASN) generasi Millenial di Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Hamidah SE., M.Si 2) Prof. Dr. Saparuddin M., M.Si
Subjects: Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: PASCASARJANA > S3 Ilmu Manajemen
Depositing User: Users 18166 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2023 06:07
Last Modified: 07 Aug 2023 06:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38948

Actions (login required)

View Item View Item