PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR UNTUK PESERTA DIDIK SMK PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA

JAFAR SODIK, . (2020) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR UNTUK PESERTA DIDIK SMK PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu meningkatkan proses pembelajaran menggunakan video pembelajaran pada mata pelajaran Pemrograman Dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Research and Development (R&D) dan produk penelitian ini menghasilkan produk berbasis video. Pengembangan media pembelajaran ini telah melalui beberapa tahap evaluasi, yaitu: ahli materi, ahli media, dan uji responden dengan peserta didik program keahlian Multimedia di SMK Negeri 2 Jakarta dan SMK Negeri 51 Jakarta. Berdasarkan hasil uji coba produk yang telah peneliti kembangkan, dari persepsi responden sejumlah 30 peserta didik di SMK Negeri 2 Jakarta adalah 91,42 % dan sejumlah 30 peserta didik di SMK Negeri 51 Jakarta adalah 93,57 %. Video pembelajaran yang telah dikembangkan dapat dikategorikan sangat baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran pendukung di mata pelajaran Pemrograman Dasar. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Pembelajaran, Pemrograman Dasar. ABSTRACT This research aims to help the improvement of the learning process using instructional videos on Basic Programming subjects. The method used in this research was the Research and Development (R&D) Method and produced video-based products. The development of instructional media was carried out through several evaluations namely: material experts, media experts, and respondents' test with students of Multimedia expertise programs in SMK Negeri 2 Jakarta and SMK Negeri 51 Jakarta. According to the results of product testing that researcher has developed, from the perception of respondents, the number of 30 students in SMK Negeri 2 Jakarta was 91.42% and 30 students in SMK Negeri 51 Jakarta was 93.57%. The Learning Videos that have been developed can be categorized very good to be used as supporting learning media in Basic Programming subjects. Keywords: Learning Media, Learning Videos, Basic Programming.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Hamidillah Ajie, M.T. ; 2. Dr. Yuliatri Sastrawijaya, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 658 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2020 11:54
Last Modified: 05 Mar 2020 11:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3902

Actions (login required)

View Item View Item