PENGARUH PENGGUNAAN LECTORA INSPIRE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA DI SMAN 49 JAKARTA

RIFNI AULIA SAFITRI, . (2023) PENGARUH PENGGUNAAN LECTORA INSPIRE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA DI SMAN 49 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (900kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (642kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran lectora inspire terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS SMAN 49 Jakarta pada mata pelajaran geografi materi keragaman budaya Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media lectora inspire dalam proses pembelajarannya dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan media powerpoint dalam pembelajarannya. Data yang diperoleh berasal dari instrumen tes (pretest dan posttest) yang mengacu pada indikator berpikir kritis. Hasil pengujian menyatakan bahwa Instrumen penelitian valid dan reliabel, serta data yang diperoleh terdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan pengujian data lapangan, diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran lectora inspire terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen. Perolehan data kelas eksperimen memperlihatkan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 3,85. Sedangkan pada kelas kontrol sebesar 2,25. Kesimpulan ini juga didukung dengan perolehan nilai Sig. pada uji independet sample t test sebesar 0,014 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima dikarenakan nilai Sig. < 0,05. Sehingga terdapat pengaruh positif peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas XI SMAN 49 Jakarta setelah menggunakan media lectora inspire dalam pembelajaran geografi. ***** This study aims to determine the effect of using Lectora Inspire learning media on the critical thinking skills of class XI IPS students at SMAN 49 Jakarta in the subject matter of geography on Indonesian cultural diversity. This study used a quasi-experimental method with a total sampling technique. The samples used in this study were class XI IPS 2 as an experimental class that used lectora inspire media in its learning process and class XI IPS 1 as a control class that used powerpoint media in its learning. The data obtained comes from test instruments (pretest and posttest) which refer to indicators of critical thinking. The test results state that the research instrument is valid and reliable, and the data obtained is normally distributed and homogeneous. Based on field data testing, the results obtained were that there was an effect of using Lectora Inspire learning media on students' critical thinking skills in the experimental class. Acquisition of experimental class data showed an increase in students' critical thinking skills of 3.85. While in the control class of 2.25. This conclusion is also supported by the acquisition of Sig. on the independent sample t test of 0.014 which means H0 is rejected and Ha is accepted because of the Sig value. < 0.05. So that there is a positive effect on increasing students' critical thinking skills in class XI SMAN 49 Jakarta after using Lectora Inspire media in geography learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Sc. Ahman Sya, M.Pd., M.Sc. ; 2). Ilham Badaruddin Mataburu, S.Si., M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 18201 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2023 01:42
Last Modified: 18 Aug 2023 01:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39033

Actions (login required)

View Item View Item