AKHMAD DIMYATI, . (2023) MODEL BELAJAR GERAK DASAR MANIPULATIF BERBASIS PLAY AND GAMES UNTUK ANAK DISABILITAS TUNAGRAHITA. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. Cover.pdf Download (747kB) |
|
Text
2. Bab I.pdf Download (675kB) |
|
Text
3. Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
4. Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
5. Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (667kB) | Request a copy |
|
Text
6. bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
|
Text
7. Daftar PUstaka.pdf Download (412kB) |
|
Text
8. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
Persetujuan Publikasi.pdf Download (291kB) |
Abstract
ABSTRAK Masih terbatasnya pembelajaran penjas berbasis play and games untuk siswa dengan penyandang disabilitas menjadi permasalahan utama dalam penelitian ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran gerak manipulative sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan gerak pada siswa. Jenis penelitian yang diadaptasi yaitu Research and Development (R&D). Subjek yang digunakan untuk uji skala kecil berjumlah 30 orang, uji skala besar sebanyak 60 orang sedangkan untuk uji efektivitas melibatkan 100 orang siswa disabilitas. Instrumen untuk uji penilaian produk menggunakan format validasi ahli dan instrument untuk uji efektivitas menggunakan Test of Gross Motor Development-Second Edition (TGMD-2), Temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa untuk uji skala kecil para ahli memberikan penilaian bahwa produk masih kurang layak dengan persentase dari 51%-55%, uji skala besar para ahli memberikan penilaian bahwa produk layak dengan persentase dari 75%-84%. Sedangkan uji efektivitas menunjukan bahwa model Dim’s Manipulatif memiliki efektivitas yang signifikan untuk meningkatkan gerak dasar manipulative siswa disabilitas (p<0.05). Dengan demikian, penelitian ini menjadi bukti bahwa model Dim’s Manipulatif Berbasis play and games dapat digunakan secara kontinu untuk memperbaiki kualitas gerak dari siswa penyandang disabilitas. ABSTRACT The limited play and games-based physical education learning for students with disabilities is the main problem in this study. Therefore, this study aims to develop a manipulative movement learning model as an effort to improve students' movement skills. The type of research adapted is Research and Development (R&D). The subjects used for the small-scale test were 30 people, the large-scale test was 60 people while the effectiveness test involved 100 students with disabilities. The instrument for testing product assessment uses the expert validation format and the instrument for testing effectiveness uses the Test of Gross Motor Development-Second Edition (TGMD-2). from 51%-55%, large-scale test experts give the judgment that the product is feasible with a percentage of 75%-84%. While the effectiveness test showed that the Dim's Manipulative model had significant effectiveness in increasing the basic manipulative movements of students with disabilities (p <0.05). Thus, this research is proof that the play and games-based Dim's Manipulative model can be used continuously to improve the quality of movement of students with disabilities.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1) Prof. Dr. dr. Junaidi. SP.KO. Subsp. ALK (K) 2) Dr. Sudradjat Wiradihardja. M.Pd |
Subjects: | Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Pendidikan Olahraga |
Depositing User: | Users 18301 not found. |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 04:25 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 04:25 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39143 |
Actions (login required)
View Item |