KEJENUHAN PESERTA DIDIK DALAM MENGIKUTI PELAJARAN IPS (Studi Deskriptif Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 137 Jakarta)

SARI FEBRIYANTI, . (2023) KEJENUHAN PESERTA DIDIK DALAM MENGIKUTI PELAJARAN IPS (Studi Deskriptif Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 137 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (768kB)
[img] Text
BAB 1 (2).pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB 2 (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sari Febriyanti. Kejenuhan Peserta Didik Dalam Mengikuti Pelajaran IPS (Studi Kasus Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 137 Jakarta). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai kejenuhan peserta didik dalam mengikuti pelajaran IPS pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 137 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dengan metode deskriptif kuantitatif melalui teknik pengumpulan data dengan observasi, studi kepustakaan, dan kuesioner. Subjek dari penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 137 Jakarta dengan jumlah sebanyak 216 siswa, subjek dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa faktor yang menyebabkan kejenuhan belajar pada peserta didik kelas VIII SMPN 137 Jakarta dalam mengikuti pelajaran IPS dpengaruhi oleh dua faktor yaitu, faktor internal dan eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri siswa tersebut yang berkaitan dengan masalah dalam diri, seperti tuntutan belajar, banyaknya tugas belajar, beban belajar berlebihan. Sedangkan faktor ekstrernal merupakan faktor yang berasal dari luar diri siswa seperti lingkungan, peran orang tua, guru, dan teman sebaya. Selain itu, upaya peserta didik dalam mengatasi kejenuhan dalam mengikuti pelajaran IPS terbagi menjadi dua yaitu ketika di sekolah dan di rumah. Ketika di sekolah siswa dapat menghilangkan kejenuhan dengan cara berinteraksi dengan teman seperti berdiskusi dan bercanda, selain itu dapat siswa dapat melakukan aktivas menggambar dan tidur untuk mengatasi kejenuhan yang dirasakan. Kemudian ketika berada di rumah, siswa biasanya menyediakan vemilan dan mendengarkan musik untuk mengatasi kejenuhan belajar. Kata Kunci: Kejenuhan, Pelajaran IPS Sari Febriyanti. Saturation of Students in Following Social Studies Lessons (Case Study of Class VIII Students at SMP Negeri 137 Jakarta). Thesis. Jakarta: Social Science Education Study Program, Faculty of Social Sciences, State University of Jakarta, 2023. This study aims to obtain data on the saturation of students in following social studies lessons in class VIII students at SMP Negeri 137 Jakarta. The research method used with quantitative descriptive method through data collection techniques with observation, literature study, and questionnaires. The subjects of this study were students of Class VIII of SMP Negeri 137 Jakarta with a total of 216 students, the subjects were selected through purposive sampling technique. The results concluded that the factors that cause learning saturation in class VIII students of SMPN 137 Jakarta in following social studies lessons are influenced by two factors, namely, internal and external factors. Internal factors are factors that come from within the student related to internal problems, such as learning demands, many learning tasks, excessive learning load. While external factors are factors that come from outside the student such as the environment, the role of parents, teachers, and peers. In addition, students' efforts in overcoming boredom in following social studies lessons are divided into two, namely when at school and at home. When at school students can eliminate boredom by interacting with friends such as discussing and joking, besides that students can do drawing and sleeping activities to overcome the boredom they feel. Then when at home, students usually provide snacks and listen to music to overcome learning boredom.. Keywords: Saturation, Social Studies Lessons

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Desy Safitri, M.Si. 2). Sujarwo, S.Pd. M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 18498 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:06
Last Modified: 21 Aug 2023 02:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39172

Actions (login required)

View Item View Item