FADIA RIZKY AGUSTIN, . (2023) PENGGUNAAN APLIKASI CANVA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL (Studi Kasus : Mahasiswa Pendidikan IPS FIS UNJ Angkatan 2019-2020). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (787kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (228kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Fadia Rizky Agustin, Penggunaan Aplikasi Canva Dalam Meningkatkan Kreativitas Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Digital (Studi Kasus : Mahasiswa Pendidikan IPS FIS UNJ Angkatan 2019-2020). Skripsi, Jakarta:Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2023.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan canva dalam meningkatkan kreativitas pembuatan media pembelajaran berbasis digital. Penelitian ini dilakukan di Prodi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, kuesioner, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan subjek penelitian yaitu mahasiswa Pendidikan IPS angkatan 2019-2020 yang merupakan pengguna aktif canva. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan garis kontinum. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa mahasiswa Pendidikan IPS menggunakan canva dalam membuat media pembelajaran berbasis digital diantaranya ppt, poster, infografis, dan buku digital. Mahasiswa memilih canva dikarenakan ringan, praktis, dan fitur mudah digunakan apalagi untuk pemula. Melalui penggunaan canva mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan kreativitasnya dengan membuat media pembelajaran berbasis digital yang menarik dan interaktif. Kata Kunci: Canva, kreativitas, media pembelajaran digital Fadia Rizky Agustin, The Use of the Canva Application in Increasing Creativity in Making Digital-Based Learning Media (Case Study: Social Studies Education Students FIS UNJ Class of 2019-2020). Thesis, Jakarta: Social Science Education Study Program, Faculty of Social Sciences, State University of Jakarta, 2023. This study aims to describe the use of canva in increasing the creativity of making digital-based learning media. This research was conducted at the Social Studies Education Study Program, Faculty of Social Sciences, State University of Jakarta. The research method used is descriptive research with data collection techniques, namely observation, interviews, questionnaires, literature studies, and documentation. This study used purposive sampling technique and the research subjects were social studies education students in 2019-2020 who were active users of canva. The data analysis technique in this study uses a continuum line. The results of this study concluded that social studies education students use canva in creating digital-based learning media including ppt, posters, infographics, and digital books. Students choose canva because it is lightweight, practical, and features are easy to use especially for beginners. Through the use of canva students can improve their creativity skills by creating interesting and interactive digitalbased learning media. Keywords: Canva, creativity, digital learning media
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Desy Safitri, M.Si. 2). Sujarwo, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan IPS |
Depositing User: | Users 18443 not found. |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 02:09 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 02:09 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39174 |
Actions (login required)
View Item |