PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SITES TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI MITIGASI BENCANA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMAN 7 BOGOR

PRATIWI TRIANINGTIAS, . (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SITES TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI MITIGASI BENCANA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMAN 7 BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (776kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media pembelajaran google sites terhadap kemampuan memecahkan masalah pada materi mitigasi bencana peserta didik kelas XI IPS di SMAN 7 Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain Group pretest and posttest design yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran google sites dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol tidak menggunakan media pembelajaran google sites. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data angket respon penggunaan google sites dan dari data nilai pretest dan posttest yang mengacu pada tingkat kemampuan memecahkan masalah peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji instrumen, uji persyaratan analisis, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil pengujian, instrumen dinyatakan valid dan reliabel serta data terdistribusi secara normal dan homogen. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh pada kemampuan memecahkan masalah peserta didik di kelas eksperimen. Kelas eksperimen mengalami peningkatan kemampuan memecahkan masalah yang sangat signifikan berbeda dengan kelas kontrol. Rata-rata nilai kemampuan memecahkan masalah pada kelas eksperimen naik sebesar 18,89 dari 62,92 menjadi 81,81. Sedangkan rata-rata nilai kemampuan memecahkan masalah kelas kontrol mengalami penurunan sebesar 1,53 dari 65,97 menjadi 64,44. Berdasarkan hasil analisis data pada Tabel 35 menggunakan uji t pada materi mitigasi bencana diperoleh nilai 0,000 < dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya hasil penelitian ini menunjukan bahwa media google sites memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan memecahkan masalah peserta didik pada materi mitigasi bencana pada peserta didik kelas XI IPS di SMAN 7 Bogor. This study aims to determine the effect of the use of google sites learning media on the ability to solve problems in disaster mitigation material for class XI IPS students at SMAN 7 Bogor. This research is an experimental research with a group pretest and posttest design that uses an quasi experimental class and a control class. The sampling technique in this study used a purposive sampling method with the sample used, namely class XI IPS 1 as the experimental class using google sites learning media and class XI IPS 2 as the control class not using google sites learning media. The data obtained from this study are response questionnaire data from the use of Google sites and from the pretest and posttest value data which refers to the level of students' problem solving abilities. The data analysis techniques used in this study are instrument testing, analysis requirements testing, and hypothesis testing. Based on the test results, the instrument is stated to be valid and reliable and the data is normally distributed and homogeneous. Based on the results of testing the hypothesis, it was found that there was an influence on the problem-solving abilities of students in the experimental class. The experimental class experienced a very significant increase in problem solving ability compared to the control class. The average value of the ability to solve problems in the experimental class increased by 18.89 from 62.92 to 81.81. Meanwhile, the average value of problem solving ability in the control class decreased by 1.53 from 65.97 to 64.44. Based on the results of data analysis in table 35 using the t test on disaster mitigation material, a value of 0.000 <0.05 is obtained, it can be concluded that H0 is rejected and Ha is accepted. This means that the results of this study indicate that Google sites media has a significant influence on students' problem-solving abilities in disaster mitigation material for students in class XI IPS at SMAN 7 Bogor. Keywords : Learning Media, Google Sites, Ability to Solve Problems

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Muhammad Zid, M.Si. ; 2). Dr. Ode Sofyan Hardi, S.Pd., M.Si., M.Pd
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 18206 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:02
Last Modified: 21 Aug 2023 03:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39198

Actions (login required)

View Item View Item