ERSHA PANGESTU, . (2023) ANALISIS PENERAPAN METODE MIND MAPPING PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (685kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (198kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Ersha Pangestu. 2023. Analisis Penerapan Metode Mind Mapping Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri Jakarta Selatan. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode mind mapping sebagai instrumen penilaian hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi eksploratif (survei). Data yang diperoleh berasal dari hasil observasi dan wawancara terbuka dengan guru geografi serta penyebaran angket kepada peserta didik. Kegiatan survei ke sekolah dilakukan selama bulan november-desember 2022. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dibagi menjadi 3 yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data (evaluasi). Berdasarkan dari hasil analisis data menggunakan indikator penilaian mind mapping, maka diperoleh hasil nilai di SMA Negeri 60 Jakarta sebesar 21,5 (17%) dengan kategori sangat tinggi, SMA Negeri 55 Jakarta sebesar 17,2 (14%) dengan kategori tinggi, SMA Negeri 28 Jakarta sebesar 18,4 (15%) dengan kategori tinggi, SMA Negeri 66 Jakarta sebesar 17,8 (14%) dengan kategori tinggi, SMA Negeri 34 Jakarta sebesar 25 (20%) dengan kategori sangat tinggi, dan SMA Negeri 26 Jakarta sebesar 25 (20%) dengan kategori sangat tinggi Kata kunci: Metode Mind Mapping, Studi Eksploratif ABSTRACT Ersha Pangestu. 1402617084. 2023. Analysis of the Application of the Mind Mapping Method for Students in the Geography Subject at South Jakarta State Senior High School. Thesis. Jakarta: Geography Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University. This study aims to determine the use of the mind mapping method as an instrument for assessing student learning outcomes in geography subjects at SMA Negeri Jakarta Selatan. This study uses a descriptive method with an exploratory study approach (survey). The data obtained comes from observations and open interviews with geography teachers and distributing questionnaires to students. Survey activities at schools were carried out during November-December 2022. The techniques used to analyze data were divided into 3, namely data reduction, data presentation, and data conclusion (evaluation). Based on the results of data analysis using mind mapping assessment indicators, the results obtained in SMA Negeri 60 Jakarta were 21.5 (17%) in the very high category, SMA Negeri 55 Jakarta were 17.2 (14%) in the high category, SMA Negeri 28 Jakarta was 18.4 (15%) in the high category, SMA Negeri 66 Jakarta was 17.8 (14%) in the high category, SMA Negeri 34 Jakarta was 25 (20%) in the very high category, and SMA Negeri 26 Jakarta of 25 (20%) with very high category Keywords: Mind Mapping Method, Explorative Study
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Sc. Ahman Sya, M.Pd., M.Sc. 2). Dra. Dwi Sukanti Lestariningsih, M.Si. |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Geografi Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Users 18270 not found. |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 02:57 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 02:57 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39203 |
Actions (login required)
View Item |