PENGARUH TERPAAN MEDIA PADA AKUN INSTAGRAM @KIMSEONHO_INA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF KOMUNITAS PENGGEMAR AKTOR KOREA SELATAN KIM SEONHO (Studi Kuantitatif Pada Unggahan Miima Mask X Kim Seonho Di Akun Instagram @kimseonho_ina)

NOVITA, . (2023) PENGARUH TERPAAN MEDIA PADA AKUN INSTAGRAM @KIMSEONHO_INA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF KOMUNITAS PENGGEMAR AKTOR KOREA SELATAN KIM SEONHO (Studi Kuantitatif Pada Unggahan Miima Mask X Kim Seonho Di Akun Instagram @kimseonho_ina). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (862kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Instagram @kimseonho_ina yang digunakan untuk menyebarkan informasi mengenai Kim Seonho dan produk-produk yang digunakan oleh Kim Seonho berkemungkinan dapat menimbulkan demonstration effect yang membuat para penggemar mengalami perubahan perilaku menjadi konsumtif ditengah isu resesi ekonomi yang akan terjadi pada tahun 2023. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui terpaan media pada akun Instagram @kimseonho_ina, untuk mengetahui perilaku konsumtif komunitas penggemar aktor Korea Selatan Kim Seonho pada unggahan bulan September 2022 di akun Instagram @kimseomho_ina, dan untuk mengetahui pengaruh terpaan media pada akun Instagram @kimseonho_INA terhadap perilaku konsumtif komunitas penggemar aktor Korea Selatan Kim Seonho. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori media baru yang dikemukakan oleh Melvin DeFlur dan Sandra Ball. Pada variabel terpaan media, dimensi yang digunakan yaitu frekuensi, durasi, dan atensi. Lalu pada variabel perilaku konsumtif, dimensi yang digunakan yaitu pemenuhan keinginan, barang diluar jangkauan, barang tidak produktif, dan status. Penelitian ini paradigma positivisme dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei. Teknik penarikan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu Purposive Sampling yaitu dengan sampel dalam penelitian ini sebanyak 147 responden. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis data univariate dan bivariate. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang kuat antara terpaan media pada akun Instagram @kimseonho_ina terhadap perilaku konsumtif anggota komunitas penggemar aktor Korea Selatan Kim Seonho. Hal ini dipengaruhi oleh durasi responden dalam menggunakan media Instagram untuk melihat unggahan Miima Mask x Kim Seonho mampu mempengaruhi perilaku konsumtif responden khususnya pada dimensi pemenuhan keinginan. Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 dalam penelitian ini ditolak dah Ha diterima. Hasil regresi linier sederhana pada penelitian ini mempunyai nilai sebesar 0.600 yang termasuk dalam kategori cukup kuat. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terpaan media pada akun Instagram @kimseonho_ina di unggahan mengenai Miima Mask x Kim Seonho yang diukur menggunakan frekuensi, durasi, dan atensi mampu mempengaruhi anggota komunitas penggemar aktor Korea Selatan Kim Seonho melakukan pembelian secara berulang sampai berperilaku konsumtif yang mempunyai aspek pengaruh yaitu pemenuhan keinginan, barang diluar jangkauan, barang tidak produktif, dan status. Saran pada penelitian ini yaitu unggahan pada akun Instagram @kimseonho_ina diunggah ulang dalam waktu yang berulang sehingga dapat dilihat kembali oleh pengikut akun, anggota komunitas penggemar aktor Korea Selatan Kim Seonho diharapkan melakukan pembelian berdasarkan kebutuhan bukan hanya keinginan, lalu peneliti berharap penelitian yang akan dilakukan selanjutnya diharapkan dapat meneliti dengan pengaruh lain yang tidak disebutkan pada penelitian ini. Kata Kunci: Terpaan Media, Perilaku Konsumtif, Media Baru Instagram @kimseonho_ina which is used to spread information about Kim Seonho and the products used by Kim Seonho has the potential to cause a demonstration effect that makes fans change their behavior to become consumptive amidst the issue of an economic recession that will occur in 2023. The purpose of this study is to find out media exposure on the @kimseonho_ina Instagram account, to find out the consumptive behavior of the South Korean actor Kim Seonho fan community in September 2022 uploads on the @kimseonho_ina Instagram account, and to find out the effect of media exposure on the @kimseonho_INA Instagram account on the consumptive behavior of the Korean actor fan community South Kim Seon Ho. The theory used in this study is the new media theory put forward by Melvin DeFlur and Sandra Ball. In media exposure variables, the dimensions used are frequency, duration, and attention. Then on the consumptive behavior variable, the dimensions used are wish fulfillment, out-of-reach goods, unproductive goods, and status. This research is a positivist paradigm using a quantitative research approach. This type of research is descriptive research using survey methods. The sampling technique used in this study was purposive sampling, with a sample of 147 respondents. The analytical method used is univariate and bivariate data analysis. The results of this study indicate that there is a strong influence between media exposure on the @kimseonho_ina Instagram account on the consumptive behavior of members of the South Korean actor Kim Seonho fan community. This is influenced by the duration of the respondents using Instagram media to view Miima Mask x Kim Seonho's uploads which can influence the consumer's consumptive behavior, especially in the dimension of fulfilling desires. From these results, it can be concluded that H0 in this study was rejected and Ha was accepted. The results of simple linear regression in this study have a value of 0.600 which is included in the fairly strong category. This study concludes that media exposure on the Instagram account @kimseonho_ina in uploads regarding Miima Mask x Kim Seonho which is measured using frequency, duration, and attention can influence members of the South Korean actor Kim Seonho fan community to make repeated purchases to consumptive behavior that has aspects of influence namely the fulfillment of desires, goods out of reach, unproductive goods, and status. Suggestions in this study are uploads on the Instagram account @kimseonho_ina re-uploaded repeated times so that followers of the account can view them again, members of the South Korean actor Kim Seonho fan community are expected to make purchases based on needs not just wants, then the researcher hopes that the research that will be carried out next is expected to be able to examine other influences not mentioned in this study. Keywords: Media Exposure, Consumptive Behavior, New Media

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dini Safitri M.Si. 2). Dr. Wiratri Anindhita, M.Sc.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Divisions: FIS > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 18387 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2023 04:42
Last Modified: 21 Aug 2023 04:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39216

Actions (login required)

View Item View Item