STRATEGI GURU DALAM PENGELOLAAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP NEGERI 158 JAKARTA

ANGGI DETIA AGNESARI, . (2023) STRATEGI GURU DALAM PENGELOLAAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP NEGERI 158 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan strategi guru dalam pengelolaan keaktifan siswa pada pembelajaran berbasis projek penguatan profil pelajar Pancasila di SMP Negeri 158 Jakarta, (2) Mendeskripsikan kendala dalam strategi guru dalam pengelolaan keaktifan siswa pada pembelajaran berbasis projek penguatan profil pelajar Pancasila di SMP Negeri 158 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Subjek dari penelitian ini yaitu guru fasilitator projek di SMP Negeri 158 Jakarta. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Strategi yang diterapkan oleh guru fasilitator projek beragam, disesuaikan dengan tahapan yang dilaksanakan dan juga kebutuhan pada siswa di kelas. Strategi pembelajaran berbasis projek terbagi atas tiga tahapan diantaranya, mengawali projek, pelaksanaan aksi nyata projek dan menutup projek. Adapun beberapa strategi yang optimal dalam mengelola keaktifan siswa secara langsung selama pembelajaran projek yaitu pemberian pertanyaan pemantik, strategi tutor sebaya, pendekatan pendampingan dan pemberian peringatan. (2) Kendala dalam strategi guru fasilitator projek dalam pengelolaan keaktifan siswa pada pembelajaran berbasis projek penguatan profil pelajar Pancasila di SMP Negeri 158 Jakarta terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari siswa dan guru fasilitator projek, sedangkan faktor eksternal berasal dari alokasi waktu, penerapan kebijakan sekolah, dan sarana prasarana sekolah yang kurang memadai. The aims of this study are: (1) to describe the teacher's strategy in managing student activity in project-based learning to strengthen Pancasila student profiles at SMP Negeri 158 Jakarta, (2) to describe the constraints in teacher strategy in managing student activity in project-based learning to strengthen Pancasila student profiles at SMP Negeri 158 Jakarta. The research method used is descriptive research with a qualitative approach through data collection techniques by observation, interviews, documentation, and literature study. The subject of this research is the project facilitator teacher at SMP Negeri 158 Jakarta. The results of this study are: (1) The strategies applied by the project facilitator teachers vary, according to the stages carried out and also the needs of the students in the class. The project-based learning strategy is divided into three stages including starting the project, implementing the real action project and closing the project. As for some optimal strategies in managing student activity directly during project learning, namely giving trigger questions, peer tutoring strategies, mentoring approaches and giving warnings. (2) Constraints in the strategy of the project facilitator teacher in managing student activity in project-based learning to strengthen the Pancasila student profile at SMP Negeri 158 Jakarta consists of internal and external factors. Internal factors came from the students and teachers who facilitated the project, while external factors came from time allocation, application of school policies, and inadequate school infrastructure.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Abdul Haris Fatgehipon, M.Si. 2). Nandi Kurniawan, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 18501 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:57
Last Modified: 21 Aug 2023 03:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39225

Actions (login required)

View Item View Item